Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pantangan Kolesterol, Awas Hati-Hati Ini Memicu Kolesterol Tinggi

nyusandalan.com – Awas dengan beberapa makanan ini karena dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Boleh-boleh saja orang menyukai suatu makanan bahkan menganggapnya sebagai makanan favorit. Inget kolesterol ada bisa meningkat karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini. bagi penderita kolesterol maka harus memperhatikan setiap makanan yang masuk dalam tubuh, apalagi makanan tersebut akan membuat kadar kolesterol anda semakin memuncak.

Ingat kolesterol tinggi salah satu penyebabnya adalah makanan, bila salah memilih makan bisa mengancam kesehatan anda. Maka sedari itu, anda harus selalu menghindari makanan dan minuman yang merupakan pantangan kolesterol. Jadi jangan asal makanan itu memberikan rasa lezat saja, terapi wajib bagi sobat untuk memperhatikan kadar kolesterol jika tidak ingin kolesterol anda menjadi semakin parah.

Beberapa jenis makanan harus anda hindari atau disebut sebagai makanan pantangan kolesterol ini. Makanan ini berada disekitar kita dan mudah kita jumpai, bahkan rasanya pun cukup lezat dan harganya pun tak perlu merogoh saku terlalu dalam. Tetapi makanan ini bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol, atau akan memberikan efek yang lebih buruk bagi penderita kolesterol.

Nah, makanan apa saja yang merupakan pantangan kolesterol yang seyogyanya harus anda kurangi atau hindari. Apa saja jenis makanan ini? yuk mari kita simak bersama-sama dibawah ini. Kami telah merangkum beberapa makanan pantangan kolestetol yang perlu anda pertimbangan, bila hendak memakannya.

makanan-pantangan-kolesterol

Berikut ini beberapa makanan pantangan kolesterol

Makanan mengandung lemak trans

Apa sih minyak trans itu, minyak trans merupakan minyak yang sudah mengalami proses atau dipadatkan. Jenis minyak trans ini sering ditemukan dalam margarin dan minyak kelapa. Nah, bila sobat memiliki kolesterol tinggi sebaiknya kurangi atau hindari makanan dari margarin dan minyak kelapa. Namun, saat ini sudah tersedia produk margarin yang mengandung 0 gr lemak trans.

Telur ayam negeri

Memang telur ayam juga memiliki kandungan nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh, akan tetapi disisi lain telur juga mengandung kolesterol tinggi. satu butir telur ayam negeri bisa mengandung kolesterol sebanyak kurang lebih 164 miligram. Kuning terlur saja dari ayam negeri bisa mengandung 242 miligram kolesterol. Apalagi cara mengolah telur tersebut dengan cara digoreng dengan minyak kelapa dan margarin yang tinggi kolesterol, maka akan semakin tinggi kandungan kolesterolnya. Kurangi juga makanan gorengan lainnya seperti tempe goreng, tahu goreng dan krupuk.

Makanan di goreng (gorengan)

Gorengan saat ini banyak tersedia di warung-warung kopi, untuk kesadaran akan kesehatan tubuh, apa salahnya bila sobat mengurangi makanan gorengan. Memang gorengan murah harganya dan cukup baik untuk mengganjal perut ketika sedang kosong, tetapi sisi negatifnya gorengan ini terdapat banyak kandungan kolesterol. Hal ini perlu diwaspadai oleh penderita kolesterol. Untuk menghindari kolesterol, sebaiknya sobat memilih makanan yang dioleh dengan cara dikukus atau direbus.

Coba Cara Ini Untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan kulit

Kulit ayam dan kikil (kulit sapi) memang lezat bangets rasanya, tapi sobat juga harus menyadari bahwa makanan ini kaya dengan kandungan kolesterol apalagi mengolahnya dengan cara menggoreng, maka semakin menumpuk kolesterolnya. Yang orang yang memiliki kolesterol tinggi cobalah untuk mengurangi makanan kulit agar tidak bertambah buruk kesehatan anda.

Lemak Jenuh

Banyak sekali makanan yang mengandung minyak jenuh yang ada di sekitar kita. Sering kita tidak menyadari bahwa makanan itu dapat memicu meningkatnya level kolesterol jahat yang adalah dalam darah. Minyak jenuh ini biasanya terdapat pada santan kelapa, makanan kemasan seperti daging, kornet, minyak palm, sosis dan lain-lain. Untuk mengganti minyak palm atau mentega, sobat dapat menggantikannya dengan minyak zaitun.

Baca : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Udang

Udang memang tinggi akan protein, tapi udang juga memiliki kandungan kolesterol tinggi. Alih-alih rasa udah yang sangat lezat banyak orang menyukai makanan ini. Udah juga banyak dijadikan campuran makanan dan diolah dengan berbagai cara. Udang ini termasuk sea food yang banyak digemari oleh banyak orang. Tapi dibalik kenikmatan rasa udang ternyata menyimpan efek mengerikan untuk kesehatan tubuh (kolesterol).

Jeroan

Jeroan memang enak rasanya, seperti jeroan sapi, jeroan ayam, otak, usus, ati ampela dan lain-lain. Jika tingkat kolesterol anda cukup tinggi, sebaiknya menghindari berbagai macam jeroan, entah itu jeroan ayam maupun jeroan sapi.

Juck Food (makanan cepat saji)

Makanan juck food adalah makanan yang cara menghidangkannya lebih cepat. Makanan ini biasanya rendah gizi (minim gizi), ditambah lagi makanan seperti ini juga banyak yang mengandung kolesterol terlalu tinggi. Makan cepat saji atau junk food memang lezat rasanya namun, jika anda memiliki kolesterol tinggi sebaiknya menghindari jenis makanan seperti ini diantaranya, kentang goreng, gorengan, tempe goreng, ayam goreng tepung, burger dan tahu goreng. Apalagi makanan tersebut diberikan penguat rasa.

Pantangan kolesterol sebenarnya masih banyak lagi, namun sebagian besar makanan yang ada disekeliling kita seperti yang kita rangkum diatas. Hindari pantangan kolesterol bila anda tidak mau kolesterol semakin buruk. Anda perlu waspada dengan kolesterol, karena kolesterol dapat meningkatkan resiko jantung dan stroke. Selain menghindari makanan pantangan kolesterol, sobat juga harus mengimbangi dengan rajin olahraga.


Pantangan Kolesterol, Awas Hati-Hati Ini Memicu Kolesterol Tinggi | Taufik Zunnurain | 4.5