Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Kurma Bagi Ibu hamil Dan Janin – Ketika hamil seorang wanita harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup karena bukan hanya untuk kesehatan si ibu tetapi kesehatan janin dalam kandungan juga berpengaruh. Ada banyak sumber nutrisi yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Namun akhir-akhir ini buah kurma menjadi terkenal sebagai sumber nutrisi alami yang sangat bagus untuk ibu hamil. Selama masa kehamilan asupan nutrisi harus benar-benar diperhatikan, jika anda sebagai suami tolong dibantu istri tercintanya ya agar senantiasa menjaga kesehatan dirinya dan buah hati yang ada dalam kandungan hehehe, pengalam jadi ayah sih….

Tak cukup itu saja kurma juga membantu produksi ASI sehingga menjadi lebih lancer. Untuk memperlancar ASI ibu bisa mengkonsumsi kurma yang dicampur dengan susu dalam hal ini sering dinamakan dengan nabeez.

Bukan saat mulai menyusui tetap ibu disarankan mengkonsumsi kurma mulai sejak masa kehamilan. Berikut ini khasiat kurma untuk ibu hamil.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Membantu pembentukan asam amino

Kandungan protein kurma sangat membantu dalam proses pembentukan asam amino. Asam amino sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang tubuh janin.

Sebagai makanan sumber energi

Kita tahu bahwa kurma memiliki kandungan glukosa, glukosa yang diperoleh dari kurma akan membantu meningkatkan energi bagi ibu hamil. Saat mengandung tubuh mudah lemah dan lemas. Jadi agar tubuh anda senantiasa bugar dan bisa bisa melakukan aktivitas yang positif maka penuhi kebutuhan energi tubuh anda.

Mengatasi sembeli

Sembelit bisa terjadi pada siapa saja termasuk ibu yang sedang hamil. Apalagi ibu hamil sering mengalami masalah ini. Ini artinya anda kekurangan asupan serat makanan. Nah, untuk hal ini bisa menyediakan kurma untuk makanan harian anda namun secupnya agar terhindar dari penyakit sembelit. Tak cukup itu saja, serat ini juga membantu menjaga keseimbangan berat badan ibu yang sedang mengandung.

Sumber Vitamin K

Vitamin K diperlukan oleh tubuh pada saat proses pembekuan darah, hal ini penting bagi ibu hamil karena saat persalinan. Makan buah kurma sesuai dengan kadar yang disarankan akan membantu memenuhi kebutuna vitamin K. Ini juga penting bagi pertumbuhan janin dan jangan sampai buah hati anda lahir kekurangan vitamin K.

Melancarkan proses persalinan

Sebagaimana yang telah kami singgung diatas, bahwa mengkonsumsi kurma akan membantu saat proses persalinan. Karna zat asam lemak jenuh dan tak jenuh membantu untuk pemenuhan kebutuhan energi bagi ibu hamil. Sehingga ketika persalinan ibu memiliki energi yang bagus. Kurma juga akan mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi dalam rahim dan menjadikan uterus lebih sensitif. Selain itu juga memproduksi prostaglandins sangat penting untuk persalinan. Sementera kandungan kurma lainnya seperti kalsium, tannin dan serotonin akan meningkatkan kontraksi otot rahim dan menjadikan persalinan lebih lancer dan cepat.

Mengurangi resiko cacat lahir bagi bayi

Nah untuk mencegak bayi cacat lahir anda bisa mengkonsumsi kurma secara rutin hal ini dikarenakan asam folat dalam kurma membantu mencegah cacat lahir dan mengakibatkan hal buruk pada tulang belakang dan otak.

Sebagai sumber magnesium

Pada ibu hamil magnesium akan menjaga kesehatan tulang dan gigi pada janin. Magnesium juga membantu mengendalikan gula dan dan hypertensi. Sebaliknya kekurangan magnesium bisa berakibat fatal pada organ ginjal.

Baca Juga :

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan Tubuh dan Tulang
Manfaat Kurma Muda
Manfaat Kurma Untuk Orang Puasa
Manfaat Kurma Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengurangi anemia

Anemia disebabkan kekurangan zat besi, sehingga membuat kesehatan ibu hamil menurun. Untuk meningkatkan asupan zat besi, ibu hamil bisa mengkonsimsi kurma sebab kurma ini kaya akan zat besi. Zat besi akan meningkatkan kadar sel darah merah sehingga bisa lebih optimal hingga keseluruh tubuh peredarannya sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengendalikan keseimbangan kadar air garam

Kurma memiliki kandungan potasium yang bermafaat untuk menjaga dan mengendalikan kadar air garam dalam tubuh.

Pesan pentingnya adalah walaupun kurma sangat baik untuk kesehatan ibu hamil, namun jangan mengkonsumsi kurma secara berlebihan. Konsumsilah kurma sesuai dengan ukuran kadar yang tepat yang disarankan oleh bidan maupun dokter anda.


Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Janin | Taufik Zunnurain | 4.5