Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Kurma Muda Dan Kandungan Gizi Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Muda? Mungkin pertanyaan seperti itu buat sobat yang beru mendengar tentang kurma muda, sebab selama yang kita kenal adalah kurma yang sudah masak untuk dikonsumsi setiap hari, apalagi ketika bulan puasa, atau musim haji banyak jamaah dari Indonesia yang membawa oleh-oleh buah kurma sebagai sajian di meja.

Trus bagaimana dengan kurma muda yang akhir-akhir ini menjadi tren bukan untuk dinikmati sebagai konsumi melainkan untuk kesehatan tubuh terutama untuk menyuburkan bagi pasangan yang sulit mendapatkan keturunan. Jadi, saat ini banyak pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak berburu kurma muda karena diyakini bisa menyehatkan tubuh dan meningkatkan kesuburan.

Kandungan dan manfaat kurma yang sudah matang untuk kesehatan sudah dikenal luas, namun bagaimana dengan kurma muda. Apakah kurma muda ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh plus kesehatan sistem organ reproduksi, oleh karenanya jangan beranjak dulu, silahkan simak ulasanya selengkapnya berikut ini.

Sebelumnya mari kita kenali kurma muda sehingga bisa membedakan kurma matang yang sudah biasa kita konsumsi. Kalau kurma matang sudah masak dan dikeringkan, sementara kurma muda adalah buah kurma yang masih belum masak alias masih muda dan tidak dikeringkan. Seperti yang dijumpai di pasaran, kurma muda yang dijual memiliki beberapa jenis warna diantaranya warna kuning, hijau dan merah.

Dalam hal rasa, tentunya rasa buah kurma masih muda tak semanis buah kurma yang sudah matang dan dikeringkan. Kurma muda selain rasanya kurang manis juga disertai rasa asam. Memang tidak senikmat kurma yang sudah masak, tetapi kandungan gizi kurma muda tidaklah kalah. Kurma muda kaya akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan untuk beberapa kandungan jenis kandungan gizi kurma muda melebihi kurma yang sudah dikeringkan, bagaimana manfaat kurma muda untuk kesehatan berdasarkan nutrisi yang dikandungnya.

Manfaat Kurma Muda Dan Kandungan Gizi Baik Untuk Kesehatan

Kandungan Karbohidrat Buah Kurma Muda

Buah kurma yang masih mudah kaya akan zat karbohidrat hampir sama dengan kurma yang sudah dikeringkan,namun kandungan karbohidrat kurma lebih rendah disbanding dengan karbohidrat dari buah kurma biasa yakni setiap 100gr kurma masih dibawah 73 hingga 75 gram karbohidrat dari buah biasa.

Kandungan gizi lain yang ditemukan dalam buah kurma muda segar diantaranya protein, lemak, kaya akan serat dan berbagai vitamin seperti vitamin B, C dan vitamin K.

Anda menyukai juga : Manfaat minyak zaitun

Memiliki Kandungan Kalori Lebih Rendah

Kurma juga merupakan buah yang paling tepat untuk program diet, karena kandungan kalori kurma muda lebih rendah, sebagaimana yang diulas oleh Livestrong dot com. Kurma yang telah masak memiliki kandungan zat lebih tinggi karena juga sudah dikeringkan, sementara kurma muda masih segar dan tidak dikeringkan.

Mengkonsumsi buah kurma muda selain membantu meningkatkan kesuburan juga membantu untuk memenuhi kebutuhan asupan kalori harian anda. Dengan mengkonsumsi 2 butur kurma muda akan menyediakan kalori sejumlah 70 atau sekitar 3 persen kebutuhan kalori harian.

Kandungan Antioksidan

Kurma muda adalah buah yang masih segar sehingga memiliki kandungan antioksidan lebih besar dari pada kurma masak dan telah dikeringkan. Sehingga kurma muda ini sangat baik dikonsumsi saat ini, untuk mencegah kanker dan penyakit jantung dari radikal bebas.

Manfaat kandungan kurma begitu besar untuk kesehatan manusia, perlu kita syukuri atas karunia dan nikmat Allah atas yang satu ini.


Manfaat Kurma Muda Dan Kandungan Gizi Baik Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5