Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda) Untuk Kesehatan

Jintan hitam atau dikenal dengan nama habbattussauda selama ini dikenal dengan baik oleh masyarakat dunia dalam pengobatan herbal. Ini tentu nya jintan hitam memiliki keistemawaan untuk menjaga kesehatan manuais. Bahka beberapa riset pada tumbuhan yang satu telah menunjukkan bahwa jitan hitam (habbatussauda) mampu digunakan untuk mengobati banyak keluhan kesehatan.

Meskipun jintan hitam (habbatussauda) terkenal dalam dunia pengobatan herbal, tak kalah populer jintan hitam pun juga digunakan untuk campuran bumbu makanan. Jintan hitam tergolong dalam tumbuhan biji-bijian atau disebut dengan istilah Nigella Sativa.

Jintan hitam kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh diantara kompisisinya adalah protein, zat besi, serat, kalium, antioksidan, natrium, lemak, karbohidrat, dan asam linoleat. Jintan hitam sudah dipercara dari dulu untuk kesehatan manusia, ada beberapa manfaat jintan hitam (habbatussauda) untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa manfaatnya? Yuk mari kita baca ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda) Untuk Kesehatan

Khasiat Jintan Hitam (Habbatussauda)

Baik untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi

Kolesterol merupakan salah satu konstributor penyakit mematikan seperti jantung dan stroke, meskipun kolesterol sendiri penting bagi tubuh akan tetapi kolesterol tidak bisa dibiarkan tertimbun hingga melebihi batas norma. Nah, berdasarkan penelitian pada jintan hitam menunjukkan bahwa jintan hitam bisa mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Mengobati infeksi

Infeksi sering diakibatkan oleh mikroba, jintan hitam berkhasiat menekan pertumbuan dan perkembangbiakan bakteri, virus dan jamur. Sebuat studi menghasilkan bahwa jintan hitam bisa melawan virus HIV, virus pemicu penyakit hati dan influenza.

Menjaga kesehatan hati

Hati adalah organ tubuh vital yang perlu mendapat perhatian khusus dengan kesehatannya. Beberapa penyakit atau gangguan hati sering menyebabkan kematian. Untuk memelihara kesehatan hati sobat dapat memanfaatkan jintan hitam. Jintan hitam membantu mengatasi peradangan dan mencegak kerusakan hati.

Melawan kanker

Jintan hitam dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh, hal ini juga dijuntukkan bahwa jintan memiliki kandungan senyawa antikanker yaitu thymoquinone. Senyawa aktif ini akan melindungi tubuh dari kanker dan tumor ganas, selain itu bagi penderita kanker jintan hitam akan menekan pertumbuhan sel kanker.

Meredakan radang

Khasiat lain dari jintan hitam adalah untuk mengobati peradangan, seperti peradangan sendi, sinusitis dan alergi. Dalam penelitian pada penderita asma, jintan hitam bisa menunjukkan hasil yang positif dalam jangka waktu 3 bulan.

Mengatasi darah tinggi

Pada sebuat penelitian pada pengidap darah tinggi, setelah diberikan ekstrak jintan hitam selama beberapa minggu dan menunjukkan hasil yang baik dan tekanan darah menurun.

Mengendalikan gula darah

Tingkat darah gula darah yang tinggi adalah merujuk pada penyakit diabetes, sementera jika diabetes dibiarkan bisa berakibat fatal seperti terjadinya kerusakan syaraf dan gangguan penglihatan. Beberapa gejala diabetes adalah mudah lelah dan sering merasa haus. Jintan hitam setelah digunakan pengujian pada penderita diabetes dan selang beberapa minggu menunjunjukkan penurunan kadar gula darah.

Dari banyak hasil study menujukkan bahwa jintan hitam (habbatussauda) bisa digunakan untuk mengobati darah tinggi, kolesterol, penyakit gula darah, tumor dan kanker. Jintan hitam juga memiliki kandungan antibaktei, anti peradangan, diuretik, analgesik, menyehatkan jantung, lambung, hati dan meningkatkan sistem imun.

Jangan lupa baca juga : Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan

Meskipun jintan hitam bagus untuk kesehatan, tetapi juga memberikan efek samping. Nah, efek samping jintan hitam juga perlu anda ketahui. Beriktu ini efek samping jintan hitam ((habbatussauda)).

Efek Samping Jintan Hitam ((habbatussauda)

Memang jintan hitam baik dikonsumsi dengan tujuan mendapatkan manfaat kesehatan. Penggunaan jintan hitam dalam jumlah berlebih dan waktu jangka panjang memang belum bisa pastikan,tetapi mungkin bisa terjadi pada beberapa orang menglami gangguan kulit seperti alergi bila dioleskan. Efek lain yang mungkin bisa terjadi adalah gangguan pada proses pembekuan darah (resiko perdarahan), darah rendah, dan kurang gula darah bagi orang yang tidak mengidap diabetes.

Demikianlah sedikit ulasan tentang jintan hitam atau habbatussauda untuk kesehatan tubuh secara alami.Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa baca ulasan-ulasan kesehatan lainnya.


Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda) Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5