Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Gula Aren Yang Harus Anda Ketahui

Gula aren adalah salah satu bahan pemanis makanan dan minuman yang banyak digunakan di Indonesia. Seringkali orang rancu menyebut gula aren, gula jawa dan gula merah. Tetapi over all, mereka memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa jika dilihat dari segi kandungan gizinya. Sebelum membahas apa saja manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh, mari kita pelajari perbedaan antara gula aren dan jenis gula lainnya, karena banyak orang yang salah presepsi dengan jenis-jenis gula tersebut seperti gula merah dan gula jawa.

Gula aren itu jenis gula yang dihasilkan dari pohon aren sesuai dengan naman yaitu melalui proses penyadapan air nira (berasal dari pohon aren). Penyadapan air nira dilakukan dengan menggunakan bunga aren jantan. Kenapa kok memilih bunga jantan ketimbang bunga betina? Karena bunga jantan memiliki kandungan air nita lebih banyak dari pada Benita dan imbuhnya kualitasnya lebih unggul dibandingan dengan bunga betina. Gula aren sering disebut dengan gula jawa, padahan sebenarnya mereka itu berbeda. Nah, untuk mengetahuinya baca dibawah ini.

Manfaat Gula Aren Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan gula aren, gula merah dan gula jawa

Biar sobat tidak bingung dan bisa membedakan antara gula aren, gula merah dan gula jawa mari kita pahami bersama-sama. Ketiga jenis gula yang disebut diatas adalah sama-sama termasuk gula merah. Sebagaiama gula di bedakan menjadi dua yaitu gula putih dan gula merah. Sementara gula aren, gula jawa termasuk gula merah. Gula putih seperti gula pasir dan gula batu, sementara gula merah diantaranya gula aren, gula enau.

Gula jawa juga termasuk gula merah tetapi berbeda dengan gula aren. Sebab gula merah ini dibuat dari air nira kelapa dan termasuk dalam gula merah. Gula ini sering disebut dengan nama gula jawa sebab panyak diproduksi dari jawa.

Jadi, antara gula aren dan gula jawa termsuk dalam jenis gula merah, akan tetapi bahan pembuatannya yang berbeda. Gula aren dibuat dari air nira pohon aren sementara gula jawa dibuat dari dari kelapa. Nah, disini sobat sudah mengerti kan, apa perbedaan gula aren dengan gula jawa.

Kemudian bagaimana dengan kandungan gula aren?

Sebelum mengetahui manfaat gula aren bagi kesehatan, perlu juga anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ditemukan dalam gula aren. Diantara kandungan gininya adalah lemat, kalsium, fosfor, karbohidrat, lemak, vitamin B3 dan vitamin C.kandungan penting lainnya adalah fruktosa, sukrosa dan serat alami yang menyehatkan tubuh.

Khasiat gula aren untuk kesehatan

Melindungi kesehatan kulit

Kerusakan kulit bisa disebabkan karena radikal bebas, jadi kandungan antioksidan dalam gula aren akan melindungi kulit dari kanker dan kerusakan jaringan kulit lainnya.

Mencegah anemia

Gula aren kaya akan zat besi serta vitamin C, kandungan ini berfusngsi membantu produksi sel darah merah, sehingga mencegah resiko anemia.

Mengatasi sariawan

Gangguan rongga mulut seperti sariawan sering dialami oleh semua orang, gula aren dipercaya bisa mencegah dan mengobati sari awan secara alami.

Mengurangi resiko kolesterol

Kandungan niasin dan vitamin B3 membantu memelihara kesehatan jantung, selain itu membantu mengintrol keseimbangan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Mengurangi resiko kanker

Gula aren juga memiliki kandungan penting yang berfungsi melawan kanker yaitu kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya.

Baca juga : Manfaat Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan

Memelihara kesehatan kulit

Untuk memelihara kulit anda agar lebih halus perlu dilakukan perawatan, nah untuk mendukung perawatan kulit, anda bisa mengkonsumsi gula aren sebagai pengganti gula pasir.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Agar tubuh tidakmudah sakit, maka jangan sampai kekebalan tubuh anda menurun. Oleh sebab itu, cukupi asupan gizi tubuh anda seperti antioksidan dan vitamin C. Untuk meningkatkan sistem imun sobat dapat mengkonsumsi gula aren untuk mengganti gula pasir.

Mengurangi resiko gangguan pencernaan

Gula aren juga memiliki kandungan serat, kandungan ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah diare, sembelit dan lain sebagainya.

Menjaga berat badan

Gula aren cukup bagus untuk menjaga berat badan anda, hal ini karena kandungan serat yang cukup besar sehingga membantu program diet anda.

Demikian beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh semoga bermanfaat.


Manfaat Gula Aren Yang Harus Anda Ketahui | Taufik Zunnurain | 4.5