Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan

Pohon jati atau nama ilmiahnya Tectona grandis, merupakan tanaman yang banyak bermanfaat untuk kehidupan kita. Pohon ini dapat tumbuh besar dan tinggi, kayu dari pohon ini banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bahan bangunan. Kayu jati ini termasuk dalam kayu berkualitas tinggi sehingga harganya pun cukup mahal. Namun sayangnya hutan jati di Indonesia banyak yang berkurang akibat dari perluasan lahan baik untuk pemukiman maupun digunakan untuk pertanian. Permintaan kayu jati dipasaran juga semakin tinggi sedangkan stok semakin menipis. Salah satu faktor semakin sulitnya mendapatkan pohon ini adalah pertumbuhan jati yang sangat lambat. Pohon jati saat ini banyak ditanam secara konvensianal yang tujuan utamanya diperjual belikan kayunya.

manfaat-khasiat-daun-jati-kesehatanPohon jati bisa berumur hingga ratusan tahun, tumbuh membesar diameter bisa mencapai 1.8 hingga 2.5 meter, sedangkan tingginya bisa mencapai 40 hingga 45 meter, batang betuknya bulat dan keras. Jati yang bagus adalah jati yang tumbuhnya tinggi, lurus dan sedikit cabang. Daun jati bentuknya bulat telur dan lebar memiliki rambut dan bulu pada bagian bawah. Daun ini secara tradisional banyak dimanfaatkan sebagai bungkus. Bahkan saya sendiri sering menggunakan daun jati ini sebagai bungkus nasi atau wadah nasi untuk dimakan. Nasi yang dibungkus atau makan pakai daun jati akan menghasilkan aroma yang khas, sehingga bisa meningkatkan nafsu makan saya. Daun jati yang masih muda warnanya hijau kemerahan dan memiliki getah berwarna merah jika diremas. Warna merah ini banyak dipergunakan untuk zat pewarna.

Namun tahukan anda, pohon jati selama ini hanya diambil kayunya saja ternyata daun jati ini menyimpan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Diantara kandungan senyawa kimia yang bisa bermanfaat untuk kesehatan diantaranya:
–    Saponin
–    Tanin galatin
–    Kuinon
–    Flavonoid
–    Tanin katekat
–    steroid/triterpenoid
–    Saponin
–    Quercetin

Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan

–    Mengatasi kolesterol
Kandungan tannin, saponin dan quercetin dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Ilmiahnya, quercetin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim lipase sehingga proses metabolism pilid bisa kekerja secara maksimal. Kandungan saponin berfungsi untuk menghilangkan plak pada pembuluh darah penyebab darah tinggi dan melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah keseluruh tubuh tetap lancar. Sedangkan kandungan tannin untuk menghambat penyerapan nutrisi sehingga lemak tidak diserap oleh tubuh. Lemak yang tidak diserap akan keluar berupa feses.

–    Menurunkan Tekanan Darah
Telah disinggung diatas bahwa kandungan saponin pada daun jati bermanfaat untuk mencegah hipertensi.

–    Mengatasi Anemia
Ekstrak daun jati dipercaya untuk mengatasi anemia, hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang lakukan oleh para ilmuwan Togo. Menyatakan ekstrak daun jati yang diujicobakan pada seokor tikus ternyata mampu meningkatkan konsentrasi hemoglobin, trombosit, kadar retikulosit  dan hematokrit serta dapat menambah daya tahan pada trombosit muda.

–    Mengatasi Diabetes
Untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah dapat memanfaatkan ekstrak batang kulit jati.

–    Menyehatkan Rambut
Biji Jati telah dipercaya dapat digunakan untuk menyehatkan dan menumbuhkan rambut, hal ini banyak dilakukan di India sebai obat rambut tradisional (hair tonic).

Pohon jati banyak kita jumpai dan mudah kita dapatkan daunnya di daerah perdesaan dan di hutan-hutan. Pohon yang banyak dimanfaatkan kayunya untuk diperjual belikan, ternyata menyimpan sejuta khasiat yang mujarap untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat…


Khasiat dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5