Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kandungan Gizi dan Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh, – Asam jawa atau asam atau disebut juga asem merupakan jenis tumbuhan yang tergolong buah-buahan namun rasanya yang sangat khas masam sekali banyak dimanfaatkan untuk rasa asam pada masakan, seperti sayur asam, kuah empek-empek dan lain-lain. Tumbuhan asam jawa ini masuk dalam suku Fabaceae (Leguminosae) yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica. Tumbuhan asam jawa ini diperkirakan berasal dari daerah Savana Afrika Timur, dan merupakan tumbuhan tropis. Asam jawa dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 – 1500 meter diatas permukaan laut. Teringat pengalaman ketika saya masih duduk dibangku SMP, pada waktu itu jalanan menuju sekolah masih banyak terdapat pohon asam jawa ini. Pada saat itu saya sering mencari runtuhan buahnya yang sudah matang ketika musim buah asam. Biasanya buah asam yang masak langsung saya makan dan sebagian saya bawa pulang dibuat wedang asam. Tapi tahun-tahun berlalu pohon asam yang dulu begitu banyak kini menghilang karena banyak yang sudah ditebang, padahal pohon asam kan sangat bagus untuk menjaga aspal jalan raya biar tidak mudah retak-retak pada tanah bergerak seperti di Lamongan daerah saya tinggal.

kandungan-manfaat-asam-jawa-bagi-kesehatanTumbuhan asam jawa merupakan tumbuhan tropis sehingga bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Tumbuhan asam jawa ini dari daerah Afrika Timur dan memakan waktu bertahun-tahun untuk menyebarannya ke Asia bagian tropis, dan hingga ke daerah Amerika Latin dan Karibia. Tanama ini juga dapat tumbuh pada daerah bermusim panas lama. Tanaman ini memiliki banyak nama di Indonesia antara lain : acem (Madura), asem (Jawa dan Sunda), asang jawa, asang jawi (Sulawesi) dan masih banyak yang lain, sedangkan untuk sebutan di Negara-negaa tetangga seperti magyee (Burma), ma-kham (Thailand),  Tri me (Vietnam), khaam (Laos), dan lain-lain.

Beberapa ciri–ciri dari tumbuhan asam jawa ini diantaranya :

  • Daun asam jawa
    Daun merupakan daun majemuk dan menyirip seperti sirip ikan yang panjangnya antara 5 hingga 13 cm, tumbuh berseling, warna daunnya merah jambu putih, daun yang masih muda bentuknya lonjong dan menyempit terdapat 8-16 pasang daun dan ukurannya berkisar 0.5-1 x 1-3.5 cm. muka daun halus dan tepi daun rata. Oh ya rasa daunya masam sekali seperti buahnya.
  • Pohon asam jawa
    Pohon asam jawa ini dapat tumbuh besar diameter pangkal pohon bisa 2 meter dan tingginya bisa mencapai 30 meter. Tanaman ini tahan dengan musim kemarau yang panjang karena tidak mengalami gugur daun artinya daun dari pohon asam ini selalu hijau. Batang asam jawa kasar, warnanya agak abu-abu dan retak-retak. Pohon asam jawa tumbuh begitu ridang penuh dengan cabang, ranting dan daun.
  • Bunga asam jawa
    Bunganya tumbuh di ketiak daun yang tumbuh tersusun dalam tandan renggang, bunganya tumbuh di ujung ranting. Bunganya memiliki kelopak empat dan 5 buah daun mahkota, warnaya kuning agak putih ruasnya berwarna merah agak coklat dan baunya harum.
  • Buah asam jawa
    Buah asam jawa merupakan buah polong bentuknya menggelembung dan hampir bundar silindris, biasanya ada yang lurus dan ada yang bengkok, dalam satu buah terdapat 5-10 biji, dan bentuk silindris diatara dua biji mengecil, kulit buah asam warnanya coklat dan ada yang warnanya abu-abu dan bersisik. Kulitnya mengeras, sedangkan warna daging buahnya ketika masih muda warnanya putih dan ketika sudah masak warnanya menjadi hitam dan rasanya tentu saja masam sekali hehe tapi ada manisnya lho…

Kandungan senyawa kimia asem jawa untuk kesehatan

Asam jawa ternyata selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang sangat populer, ternyata banyak menyimpan kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantanya senyawa-senyawa tersebut adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, zat besi, vitamin A,B, C, air, fosfor dan lain-lain.

Khasiat dan manfaat asem jawa untuk memelihara kesehatan dan pencegahan Penyakit

manfaat-kandungan-asam-jawa-bagi-kesehatanAsam jawa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit diataranya:

  • Sebagai obat sariawan dengan cara menjemur asam kawak di tempat tertutup hingga keluar cairan, nah cairan tersebut berkhasiat untuk mengobati sariawan.
  • Daun muda asam jawa dimanfaatkan sebagi bahan ramuan jamu tradisional yang dicampur dengan kunyit yang disebut sinom.
  • Daun muda asam jawa juga bisa digunakan sebagai obat rematik.
  • Daun muda asam jawa bisa juga digunakan untuk mengobati demam dan batuk.
  • Kulit kayu asam jawa bisa juga digunakan untuk mengobati bisul atau borok dengan cara menumbuk kulit kayu tersebut, kemudian oleskan pada bagian yang sakit.
  • Biji asam jawa dapat digunakan untuk mengobati diare dan disentri dengan cara menggunakan tepung dari biji asam jawa tersebut.
  • Dan masih banyak khasiat lain dari asam jawa ini.

Asam jawa selain menjadi rempah-rempah primadona para ibu-ibu dapur untuk menambah kelezatan masakan, namun disisi lain juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.


Kandungan Gizi dan Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5