Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

nyusandalan.com – Pada dasarnya tubuh tetap memiliki dan membutuhkan kolesterol, akan tetapi yang menjadi masalah adalah kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi sehingga ini disebut sebagai penyakit. Kolesterol merupakan kandung lemak sterol yang ada pada metabolit dan terdapat pada membran sel dan pada sirkulasi plasma darah.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi ini yang menyebabkan orang mengidap penyakit kolesterol. Dewasa ini banyak sekali masyarakat yang mengalami keluhan kesehatan ini, bukan hanya orang tua saja, tetapi banyak pemuda yang sudah memiliki kadar kolesterol di atas batas normal. Yang lebih mengkhawatirkan adalah kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan timbulnya penyakit menakutnya seperti jantung koronerdan stroke.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kolesterol dibagi menjadi 2 macam yaitu kolesteroll baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kadar wajar kolesterol adalah 160-200 mg, kolesterol baik ini berfungsi untuk melarutkan kolesterol jahat. Jika kadar kedua kolesterol tersebut tidak seimbang bisa mebahayakan bagi kesehatan. Nah, untuk menjaga kadar kolesterol, disarankan untuk memeriksakan ke dokter secara berkala.

Kolesterol banyak diderita dari segala usia mulai dari anak-anak hingga orang tua banyak yang memiliki penyakit kolesterol. Banyak faktor penyebab kolesterol ini, diantaranya faktor makanan kurang sehat terlebih makanan yang kaya akan kandungan lemak. Banyak makanan berlemak yang tidak disadari dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol seperti daging kambing dan gorengan.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah, akan menghambat peredaran darah, karena menempel pada dinding pembuluh darah. Hal ini menjadikan saluran darah menjadi lebih sempit, dan aliran darah terganggu. Tahukan sobat jika ini terjadi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Banyak orang yang mengira bahwa kegemukan rentan dengan penyakit koleterol. Akan tetapi banyak orang yang memiliki tubuh ideal justru mengidap penyakit kolesterol.

Mulai saat ini hendaknya melakukan pencegahan terhapat penyakit koleterol dengan memperbaiki pola makan dan memperhatika setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, harus diimbangi dengan berolahraga rutin paling tidak seminggu sekali. Tertapi jika anda sudah memiliki keluhan kolesterol, maka harus melakukan pengontrolan berkala, menyediakan obat kolestrol dan memperbaik asupan harian agar tidak memicu meningkatnya LDL.

Cara Menurunkan Kolesterol

Berikut ini cara mengontrol dan menurunkan kolesterol, yuk simak sampai habis.

Cara mengurangi kadar kolesterol alami

Minum Jus Jambu Merah

Jus jambu enak diseruput ketika udara panas dan matahari terik untuk meredakan rasa kering tenggorokan karena haus. Bukan hanya memberikan kesegaran jus jambu merah pun juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin A, vitaminC, vitamin B3, vitamin B6, kalium, fitonutrein, antioksidan dan lainnya akan melawan kolestrol.

Konsumsi Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat tinggi yang akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. brokoli juga membantu proses metabolisme untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami dan akan mengurangi resiko penyakit lainnya. Catatan, jangan mengolah atau memasak brokoli dengan minyak.

Menikmati Air Jeruk Nipis Pagi dan Malam Hari

Kandungan antioksidan jeruk nipis seperti flavonoid akan mempertahankan tubuh dari radikal bebas, dimana radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan memicu kolesterol tinggi. Cara membuat minuman ini sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan air jeruk nipis ke dalam air hangat dan minum di pagi dan malam hari.

Oatmeal

Kandungan serat oatmeal cukup tinggi, kandungan serat tersebut sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Karena serat akan menghambat penyerapan makanan, dengan begitu kolesterol yang diserap juga lebih sedikit.

Menggunakan kulit manggis

Banyak yang menganggap kulit manggis sepele, atau hanya sampah. Tetapi siapa sangka kulit manggis memiliki khasiat yang luar biasa khususnya untuk mencegah kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Diantara kandungan antioksidan dalam manggis seperti xanthone akan melawan kanker lebih hebat dari vitamin C dan vitamin E. Untuk membuatnya, sobat cukup menghaluskan kulit manggis dan meminumnya rutin.

Mengkonsumsi Jus Anggur

Anggur adalah salah satu buah primadona bagi banyak orang, anggur termasuk buah yang memiliki harga lumayan tinggi. meski demikian, apa salahnya untuk dibeli jika demi kesehatan, pasalnya jus anggur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Senyawa antioksidan diantaranya piceatannol dan resveratrol yang memproduksi fitonutrien yang akan menjadi zat anti mikroba. Antioksidan lainnya adalah flavonoid akan membantu menurunkan kolesterol.

Sebainya Baca Juga :

Konsumsi Biji-bijian

Biji-bijian banyak yang mengandung nutrisi tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Banyak sekali khasiat biji-bijian ini yaitu membantu mengangkat sel rusak dan melindungi dari radikal bebas. Kandungan penting dalam biji-bijian diantaranya seperti zat besi, serat, fosfor, seng, tembaga, mangan, vitamin B, selenium, magnesium dan protein. Nutrisi ini akan membantu mengontrol kadar kolesterol (LDL).

Mengkonsumsi Bekatul

Mungkin sebagian orang memandang sebelah mata dengan makanan kuno seperti bekatul, tapi ingat justru makanan seperti ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bekatul sering disebut dengan dedak lembut, karena bekatul ini adalah sisa dari penggilingan padi pada proses pemolesan. Bekatul ini merupakan bagian kulit ari dari beras saat penggilingan. Bekatul berkhasiat untuk tubuh salah satunya adalah menurunkan kolesteol. Bekatul memiliki kandungan tokotrienol yang berperan akan menghalangi produksi kolesterol. Bekatul memang makanan jadul tapi tinggi akan nutrisi seperti serat dan vitamin.

Jangan mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan

Salah satu pemicu meningkatnya kolesterol adalah banyaknya konsumsi minyak yang masuk dalam tubuh. Zaman modern ini memang sulit menemukan makanan yang bebas dari minyak, apalagi makanan yang tinggi minyak menawarkan rasa yang lebih lezat. Meskipun anda menyukai makanan yang digoreng, tetapi jika sudah memiliki masalah kolesterol sebaiknya dikurangi, agar tidak semakin parah.

Lakukan olahraga rutin

Jika anda rajin olahraga, maka bukan hanya kolesterol tetapi banyak sekeli penyakit yang akan bisa disembuhkan. Olahraga menjadikan tubuh terasa lebih bugar, terlebih melancarkan peredaran darah dengan detakan jantung lebih cepat dan menguatkan paru-paru sehingga kolesterol juga akan tersingkirkan. Banyak olahraga yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biasa diantaranya seperti bersepeda santai, jogging, senam, lari, main bola, renang dan masih banyak yang lainnya.

Bila sobat saat ini memiliki penyakit kolesterol, berusahalan untuk lebih pandai memilih makanan dan minuman yang lebih sehat dan jangan lupa rutinkan olahraga. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bisa bermanfaat.


Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami | Taufik Zunnurain | 4.5