Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Batas Normal Kolesterol

nyusandalan.com – Anda selama ini mungkin bertanya-tanya berapa sih batas normal kadar kolesterol dalam tubuh kita? Pertanyaan ini sangat bagus, karena dengan begini mungkin kita sudah mulai sadar dengan kesehatan. Banyak orang yang tidak mengetahuinya, dan pada akhirnya meraka memeriksakan ke dokter dan sudah terlambat sebab kolesterol terlalu tebal menumpuk pada dinding dalam pembuluh darah.

Kebanyakan orang biasanya melakukan pemeriksaan kolestero, diabetes, kadar gula karena mereka sudah mengalami gejala-gejala yang sudah ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Karena sedari itu, lakukan pengecekan kesehatan anda sejak dini dan secara periodik. Tentunya hal ini agar mengetahui kondisi kesehatan kita, sehingga tidak terlambat jika terjadi penyakit dalam tubuh kita.

Dalam tubuh terdapat dua macam yaitu kolesterol jahat (LDL – Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik (HDL – High Density Lipoprotein). Bila kadar kolesterol jahat terlalu tinggi, hal ini sering disebut dengan penyakit kolesterol. Jika demikian sobat harus meningkatkan level HDL (kolesterol baik).

Yang perlu kita waspadai adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi, ini bisa memicu munculnya penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung. kolesterol tinggi akan mempengarui sirkulasi darah hal ini karena aliran darah semakin sempit dan peredarannya tidak maksimal. Sementara tujuan untuk mengetahui tingkat kolesterol adalah upaya untuk menghindari penyakit terutama kolesterol tinggi.

Batas Normal Kolesterol

Kolesterol diproduksi oleh sel tubuh berbentuk senyawa lemak, senyawa lemak ini yang terbesar adalah diproduksi oleh organ atau sel-sel hati. Karena kolesterol tetap dibutuhkan, sementara itu asalkan selama dalam batas normal levelnya.

Pemeriksaan pada kolesterol adalah untuk mengetahui kondisi kolesterol dalam tubuh, segaligus untuk mengetahui dampak buruk dari kolesterol tinggi. Cek kolesterol tidak bisa dilakukan hanya sekali dua kali saja, ini membutuhkan pemeriksaan secara rutin, karena tingkat kolesterol kadang naik dan kadang turun.

Pemeriksaan dimulai sejak usia 20 tahunan, bila anda termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Sementara itu sobat adalah seorang perokok dan memiliki tensi darah tinggi dan riwayat diabetes dalam keluarga.

Tetapi sobat boleh mulai rutin periksa sejak usia 35 tahun bila tidak merokok dan tidak memiliki keluhan kesehatan seperti yang disebutkan diatas. Bila tubuh anda sehat yang tidak mengidap penyakit, boleh memeriksakan setiap lima bulan, jika sobat sudah mengalami kolesterol, maka pemeriksaan lebih sering lah yang dianjurkan. Termasuk bila anda memiliki keluhan ginjal, jantung dan diabetes.

Kolesterol baik berfungsi mencegah penyemmpitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh ateroma, sementara kolesterol jahat memicu terbentuknya ateroma. Sementera itu ditemukan juga trigliserida yang merupakan jenis lemak yang ada dalam darah.

Nah, penyakit jantung salah satu penyebabnya adalah trigliserida yang dikenal sebagai ateroklerosis atau istilah lain teradi pengerasan pembuluh darah. Plag yang menempel di dinding bagian dalam pembuluh darah arteri adalah ateroma, jika tumpukan semakin tebal akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri. Kondisi inilah yang sering menyebabkan penyait stroke dan jantung.

Level kolesterol bisa berbeda atara yang satu dengan yang lain, bisa dipengruhi makanan yang dimakan. Kolesterol juga boleh beda meskipun makanan yang dikonsumsinya sama. Atau kolesterol karena memiliki riwayat keluarga, bisa jadi.

Untuk menghasilkan pemeriksaan kolesterol yang lebih akurat, disarankan anda berpuasa atara 9 hingga 12 jam. Dengan ini pemeriksaan akan menghasilkan kadar kolesterol dalam darah lebih tepat.

Batas kolesterol Jahat (LDL) dan Kolesterol Baik (HDL)

Batas LDL (Kolesterol Jahat)

Kolesterol jahat ini memiliki sifat yang negatif dan bisa menimbulkan penyakit jantung koroner dan stroke. Oleh sebab itu, disarankan agar batas kolesterol jahat ini tetap dalam kadar rendah, sehingga mudah dikontrol oleh tubuh. Batas normal kolesterol jahat dalam tubuh kurang lebih 100mg/dL. Namun antara 100 mg/dL hingga 29 mg/dL bisa dikatakan sebagai batas toleransi. Bila tingkat kolesterol jahat lebih dari itu, bisa menyebabkan hal buruk pada kesehatan seperti jantung dan stroke. Sementera batas ambang tinggi bila kolesterol jahat berada pada 130 mg/dL hingga 159 mg/dL. Jika berada pada 190 mg/dL maka berada pada level yang tinggi.

Sementara jenis lemak lain atau disebut dengan trigliserida juga akan meningkatkan resiko jantung dan stroke. Disarankan kadar trigliserida tetap berada pada level yang rendah. Batas ambang tinggi trigliserida adalah 150 mg/dL hingga 199 mg/dL, sementara batas tinggi berada pada 200 mg/dL. Jika anda berada pada level itu maka dipelukan pemeriksaan lebih sering.

Batas HDL (Kolesterol Baik)

Kolesterol baik ini disarankan agar berada pada level yang lebih tinggi agar tubuh tetap sehat. Karena fungsi dari LDL adalah melacarkan siskulasi aliran darah. batas minim kolesterol baik adalah 60mg/dL. Namun sobat perlu hati-hati jika level kolesterol baik berada kurang dari 40 mg/dL. Karena dapat memicu jantung dan stroke. Maka jaga batas normal kolesterol baik.

Jumlah Kolesterol Dalam Tubuh (Total)

Jumlah kolesterol ini adalah total dari kolesterol jahat, kolesterol baik dan trigliserida dalam darah. bila terjadi kekurangan jumlah kolesterol yakni berada pada 200 mg/dL, atau kurang dari 40 mg/dL mada diperlukan pemeriksaan lebih rutin.

Level 200mg/dL bisa berada pada toleransi, namun jika sudah mencapai 200 mg/dL hingga 239mg/dL maka memiliki resiko jantung dan stroke lebih besar.

Jika sudah mengidap kolesterol sebaiknya sobat menghidari pantangan kolesterol, dan melakukan cara menurunkan kolesterol dalam darah.


Batas Normal Kolesterol | Taufik Zunnurain | 4.5