Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


Bawang merah merupakan salah satu jenis rempah-rempat yang sangat bermanfaat sebagai bahan atau bumbu dasar untuk membuat beragam jenis masakan. Bawang merah banyak yang dihaluskan untuk melengkapi masakan seperti nasi goreng, sambal-sambalan dan ada yang diiris untuk dijadikan bawang goreng untuk menambah kelezatan suatu masakan, seperti bawang goreng untuk campuran nasi uduk, nasi rawon dan makanan lainnya.

Tak hanya itu, bawang juga dipakai lalapan dengan merajangnya untuk menyantap suatu masakan seperti sate. Nah, dengan demikian banyak resep masakan yang memerlukan bawang merah ini sebagai pelengkap komposisi bumbu suatu masakan.

Itu semua kalau dilihat manfaatnya dalam segi boga, tetapi banyak yang mengabaikan dan tidak tahu khasiat bawang merah untuk kesehatan. Bawang merah memang sangat familiar sebagai bumbu dapur namun tak dapat dipercaya, bawang merah juga memiliki khasiat sehat yang luar biasa dan sering dipergunakan sebagai bahan untuk membuat obat tradisional.

Bawang merah ternyata menyimpan zat  kimia yang amat berguna bagi kesehatan terutama kandungan saponin,fitohornon,sikloaliin, metilaliin, flavonglikosida, peptide, kuersetin, minyak atsiri dan kandungan vitamin.

Kandungan nutrisi bawang merah selengkapnya dapat anda baca berikut ini:

Kandungan gizi pada seratus gram bawang merah diantaranya : Mengandung protein sebesar 1.5 gram, karbohidrat sebesar 0.2 gram, energy sebesar 38 kkal, lemak sebesar 0.3 gram, fosfor sebesar 40 miligram, kalsium sebesar 36 miligram, besi sebesar 1 miligram, gula sebesar 4.24 gram, serat sebesar 1.7 gram, monounsaturated sebesar 0.013 gram, polyunsaturated sebesar 0.017 gram, air sebesar 89.11 gram, thiamin sebesar 0.146 miligram, niacin sebesar 0.116 miligram, riboflavin sebesar 0.027 miligram, folat sebesar 19 miligram, magnesium sebesar 0.129 gram, sodium sebesar 4miligram, seng sebesar 0.17 miligram, vitamin B1 sebesar 0.03 miligram, vitamin B6 sebesar 0.12 miligram, vitamin C sebesar 2 miligram, vitamin E sebesar 0.02 miligram. Selain itu, bawang merah kaya akan kandungan kimia seperti serat, asam folat, giberelin, hormone auksin dan alliinm.

Nah, dari kandungan yang amat besar tersebut maka bawang merah sangat bermanfaat untuk mencagah kesehatan tubuh, manfaat dan khasiat bawang merah selengkapnya dapat anda lihat di bawah ini.

khasiat-manfaat-bawang-merah

Manfaat Bawang Merah

Melawan kolesterol

Bawang merah mengadung senyawa asam amino sulfur yang dapat melawan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengurangi resiko kanker

Zat belerang pada bawang merah dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker, seperti kanker usus, kanker paru-paru dan kanker prostat.

Mencegah sembelit

Kandungan serat pada bawang merah dapat membantu terhadap pencegahan penyakit sembelit dan membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Menyehatkan jantung

Bawang merah juga berkhasiat menyehatkan jantung dan dapat menurunkan darah tinggi.

Mengobati hidung berdarah

Bawang merah berkhasiat untuk meredakan hidung berdarah, dengan cara menghirup aroma bawang merah tersebut.

Bawang merah sangat diperlukan untuk keperluan bumbu dapur, ternyata mengandung senyawa kimia yang amat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan demikian rutinkan konsumsi bawang merah untuk mendapatkan khasiat yang luar biasa tersebut. Alhamdulillah, semoga bermanfaat.


Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5