Khasiat Dan Manfaat Ketumbar - Nyusandalan.com

Khasiat Dan Manfaat Ketumbar

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah jenis rempah-rempah yang cukup populer dikalangan ibu-ibu rumah tangga. Sebab tanpa adanya ketumbar maka sebagian besar makanan akan kehilangan bau yang sedap. Maka dari itu ketumbar merupakan rempah-rempah yang wajib adanya sebagai pelengkap bumbu dapur.

Advertisement

Ketumbar mirip dengan lada, dan memberikan aroma yang khas untuk tambahan aroma harum pada masakan. Dalam dunia bisnis ketumbar diperjual belikan dalam bentuk buah yang kering dan kecil-kecil, ada yang sudah dihaluskan seperti hal nya lada. Asal usul ketumbar ini diperkirakan berasal dari daerah Eropa Selatan, karena kegunaan dan fungsinya yang begitu besar kini tanaman ini telah menyebar ke seluruh belahan dunia.

Ketumbar banyak ditanam di dataran rendah dan daerah pegunungan, serta tanaman ini tidak bisa tumbuh besar tingginya hanya mencapai satu meter. Daunnya berwarna hijau, menyirip dan tepi daun bergerigi, bunga majemuk berwarna merah muda dan putih. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan bagian biji namun daun juga tidak kalah penting yakni dijadikan campuran sayur sop.

Selain pemanfaatannya dalam segi kuliner, ketumbar juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh dan untuk pengobatan penyakit secara herbal. Tentu saja khasiat sehat ini bisa diambil kalau bukan karena kadar kandungan senyawa yang dimilikinya. Untuk itu di bawah ini beberapa kandungan gizi ketumbar yang dapat memberikan manfaat.

Kandungan gizi ketumbar

Kandungan gizi dalam seratus gram ketumbar diantaranya karbohidrat sebesar 54.2 gram, protein, sebesar 14.1 gram, energy sebesar 404 kkal, kalsium sebesar 630 miligram, lemak sebesar 16.1 gram, besi sebesar 18 miligram, fosfor sebesar 370 miligram, serat sebesar 41.9 gram, magnesium sebesar 330 miligram, sodium sebesar 35 miligram, potassium sebesar 1267 miligram, niasin sebesar 2.13 miligram, riboflavin sebesar 0.29 miligram, asam folat sebesar 1 mcg, minyak astiri sebesar 1 gram, vitamin A sebesar 1570 IU, vitamin B1 sebesar 0.2 miligram dan vitamin C sebesar 21 miligram.Komposisi Kandungan Gizi Katumbar dan Khasiatnya

Manfaat dan khasiat ketumbar bagi kesehatan

•    Menyehatkan mata
Ketumbar mengandung mineral, fosfor, vitamin A dan vitamin C bermanfaat untuk kesehatan mata.

•    Menjagah kesehatan kulit
Ketumbar dapat membantu menyehatkan kulit dan mencegah kulit kering serta infeksi jamur kulit.

•    Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan linalool dan borneol bermanfaat melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko terkena diare

•    Mengobati diabetes
Kandungan zat cumin bermanfaat untuk meningkatkan sekresi insulin, dan mengkonversi gula menjadi glikogen sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

•    Mencegah radang dan rematik
Ketumbar memiliki kandungan senyawa linoleat dan cineole bermanfaat untuk mencegah rematik dan pembengkakan pada sendi.

•    Mengobati kolesterol
Ketumbar kaya dengan zat asam seperti palmitat, linoleat, askorbat, oleat, stearat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

•    Khasiat yang lain dari ketumbar
Ketumbar juga dipercaya untuk memperlancar ASI, meningkatkan nafsu makan, meredakan pusing, wazir, influenza, mual-mual, masuk angin, darah tinggi dan radang lambung.

Ketumbar selain sebagai rempah-rempah bumbu dapur yang penting, juga memiliki seribu manfaat sehat yang luar biasa. Semoga ulasan yang bertajuk seribu khasiat dan manfaat ketumbar ini dapat bermanfaat. Alhamdulillah…


Khasiat Dan Manfaat Ketumbar | Taufik Zunnurain | 4.5