Penyebab Penyakit Jantung Koroner


Penyebab penyakit jantung koroner, – Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi setipa orang, juga jantung koroner adalah penyebab kematian nomer wahid di Indonesia. Menurut informasi yang saya peroleh kini penderita jantung koroner bukan hanya terjangkit pada orang usia tua namun diusia muda juga sudah banyak yang menderita penyakit menakutkan ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan jantung, gaya hidup tidak sehat sering menjadi biang dari timbulnya jantung koroner ini. Gaya hidup yang kurang misalnya kurang olahraga, kurang menjaga makanan yang dikonsumsi, dan kebiasaan buruk lainnya. Gaya hidup tidak sehat tersebut bisa menyebabkan penyakit yang bisa berkonstribusi terhadap jantung koroner.

Jantung koroner sendiri diakibatkan dari penyakit lain seperti kolesterol, diabetes melitus dan asam urat. Faktor lain yang memiliki resiko lebih besar terkena jantung koroner adalah salah satunya faktor genetik. Tapi ulasan kali ini membahas tentang jantung koroner yang disebabkan oleh ketiga penyakit tersebut di atas yaitu kolesterol, diabet dan asam urat. Ketiga penyakit ini saat ini sedang tren di masyarakat kita tidak perduli yang miskin maupun yang kaya sebab pola makan orang kaya maupun orang miskin ini sama. Kenapa kok ketiga penyakit tersebut bisa sebagai pemicu jantung koroner? Untuk mengetahuinya mari kita bahas satu per satu :

Kolesterol

Perlu di fahami bahwa fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh sehingga membutuhkan kebutuhan darah yang cukup serta saluran pembuluh darah ke seluruh tubuh (arteri) lancar dan pembulu darah yang membawa darah kembali ke jantung (vena). Agar kerja jantung dapat berkerja dengan baik maka kebutuhan darah harus cukup dan pembuluh darah juga lancar. Jantung tidak dapat berkerja dengan baik jika pembuluh darah arteri tersumbat karena tumpukan lemak. Penyumbatan arteri ini disebabkan banyaknya zat yang menyerupai bubur yang menempel pada dinding bagian dalam pembuluh darah arteri. Zat menyerupai bubur tersebut disebut dengan plak dan disebabkan dari kolesterol.penyebab-jantung-koroner

Plak inilah yang menyebabkan pembulu darah arteri menyempit sehingga darah kurang lancar serta plak tersebut juga menghalangi nutrisi untuk sampai ke dinding dalam arteri karena terhalang oleh plak tersebut. Hal ini bisa menyebabkan hyertensi yang dapat menyebabkan jantung koroner.

Diabetes Melitus

Yang kedua diabetes melitus juga dapat berkonstribusi terhadap timbulnya jantung koroner lebih besar. Bahkan penelitian menyebutkan penderita gula darah tinggi cenderung terkena jantung koroner. Jadi kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak dinding arteri bagian dalam dan menyebabkan tumpukan plak lebih banyak sehingga dapat menyebabkan jantung koroner.

Asam Urat

Penyakit asam urat juga menjadi penyebab sakit jantung lebih besar, sebab asam urat sendiri merupakan konstribusi dari penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya jantung koroner seperti kolesterol, ginjal, obesitas, diabetes dan hypertensi. Hal inilah yang menyebabkan kadar asam urat tinggi berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler.

Dari beberapa penyebab penyakit jantung koroner diatas maka kita harus lebih sadar dengan kesehatan jantung yaitu terutama dengan sering mengontrol ketiga penyakit diatas. Selalu menjaga kolesterol, gula darah dan asam urat tetap dalam kondisi normal. Nah agar ketiganya tetap normal maka perlu dilakukan upaya seperti sering periksa ke dokter terdekat, serta harus ditunjang dengan gaya hidup sehat, makan makanan yang bergizi dan olahraga cukup. Insya Allah jantung kita sehat Amin…

Silahkan anda baca juga manfaat olahraga di pagi hari dan manfaat jalan kaki bagi kesehatan.


Penyebab Penyakit Jantung Koroner | Taufik Zunnurain | 4.5