8 Penyebab Kolesterol Yang Perlu Anda Waspadai - Nyusandalan.com

8 Penyebab Kolesterol Yang Perlu Anda Waspadai


Anda perlu waspada dengan penyakit yang satu ini, sebab penyakit ini kian lama kian banyak di derita oleh banyak orang baik di Indonesia maupun di dunia. Banyak orang yang tidak sadar dengan penyebab kolesterol, sebab kolesterol disebabkan oleh salah satunya adalah gaya hidup yang kurang sehat. Kadar kolesterol jahat dalam darah akan terus meningkat bila tidak segera ditangani. Salah satu cara untuk mencegah kolesterol adalah dengan merubah gaya hidup anda seperti kebiasaan buruk adan yaitu merokok, malas olahraga, gemar mengkonsumsi makanan yang dibilang junctfood.

faktor-penyebab-kolesterol
Kebiasaan hidup yang bagaimana yang akan meningkatkan resiko kolesterol, atau semakin mempeburuk pada penderita kolesterol, untuk mengetahui apa penyebab kolesterol yang satu ini mari kita simak tuntas ulasan berikut ini.

  1. Yang masuk dalam kategori gaya hidup sehat adalah aktif melakukan kegiatan fisik atau olahraga. Dewasa ini orang-orang telah enggan melakukan olahraga, mungkin hal ini dikarenakan rutinitas atau kesibukan yang membuat kita males untuk menggerakkan fisik. Bagi anda yang berkerja kantoran bisa menyisihkan sedikit waktunya untuk olahraga, misal dari hari Senin sampai dengan Jum’at anda berkelut dengan perkerjaan dikantor. Nah, manfaatkan hari sabtu dan minggu untuk olahraga. Pertama bisa melakukan setengah jam untuk masing-masing dua hari tersebut, jika sudah rutin setiap minggu lakukan olahraga kurang lebih satu jam. (baca : Manfaat lari, Manfaat senam, Manfaat bersepeda dan Manfaat renang)
  2. Memakan makanan adalah hal yang tidak bisa dihindarkan dari makluk hidup sebagaimana halnya manusia. Tahukah anda bahwa faktor makanan juga akan meningkatkan resiko kolesterol. Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat terutama makanan yang memicu kadar kolesterol jahat. Lama kelamaan kadar kolesterol jahat akan semakin tinggi dalam darah, dan akhirnya mengeluh masalah kesehatan. Makan yang  bisa memicu kolesterol yang mesti anda kurangi adalah jeroan, santan, telur burung puyuh, daging kambing, daging bebek, cumi, udang, kerang dan lain sebagainya terutama makanan yang kaya dengan kandungan lemak. Enak-enak bukan makanan yang memicu peningkatan kadar kolesterol jahat. Oleh sebab itu anda harus hati-hati. (Baca : manfaat rambut jagung, Manfaat labu siyam, Manfaat kecipir dan manfaat daun sirsak)
  3. Kurangi merokok dan berhenti merokok adalah solusi terbaik untuk mecegah kolesterol. Rokok juga menjadi salah satu penyebab kolesterol. Karena dalam rokok ditemukan zat akrolein yang menghambat kolesterol baik (HDL) untuk membawa lemak kemudian dibuang melalui hati. Jika kadar kolesterol jahat semakin menumpun pada dinding pembuluh darah bagian dalam, maka akan menyembitkan arteri.
  4. Mengkonsumsi alko*hol, sebagaimana yang diajarkan oleh Agama bahwa mengkonsumsi alk*ohol adalah haram hukumnya, dan pasti dosa bagi meminumnya. Alk*ohol jika dikonsumsi akan memberikan kejelakan yang besar bagi tubuh salah satunya adalah kerugian dengan menanggung kolesterol jahat.
  5. Berat badan berlebihan, bukan hanya menjadikan tubuh tidak nyaman bisa digerakkan, obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menjadi sumber berbagai penyakit seperti kolesterol jahat ini. Berdasarkan penelitian bahwa orang yang memiliki berat badan berlebihan atau mengalami obesitas, memiliki resiko kolesterol jahat lebih tinggi dibanding orang yang memiliki tubuh ideal. Nah, buat anda yang memiliki berat badan berlebihan, cobalah untuk menurunkannya. Agar tubuh anda terlihat lebih ideal dan untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin dapat ditimbulkan akibat obesitas. Ingat selain kolesterol juga mungkin bisa menyebabkan kadar trigliserida meningkat. Trigliserida adalah sejenis dengan lemak yang terdapat dalam darah dan membahayan tubuh, hal ini dikarenak faktor kelebihan berat badan. (Baca : manfaat kurma)
    Resiko kolesterol juga disebabkan oleh beberapa hal seperti:
  6. Kolesterol jahat menumpuk akibat gaya hidup yang kurang sehat, selain itu kolesterol juga disebabkan oleh faktor lain seperti menderita penyakit lain (diabetes dan hypertensi), ginjal, penyakit hati dan kurang aktifnya kelenjar tiroid. Nah, bila anda mengobati penyakit tersebut berarti anda juga mengobati kolesterol.
  7. Faktor ras juga mungkin menjadi penyebab penyakit menakutkan ini, sebab terdapat identisikasi bahwa keturunan dari masyarakat tertentu lebih beriko kolesterol. Selain keturunan, kolesterol juga dipengaruhi dengan usia, dimana usia tua lebih beresiko terkena kolesterol.
  8. Sebagaimanan paragraf diatas peningkatan resiko kelosterol juga diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan. Anda mungkin diharuskan lebih waspada bila memiliki riwayat keluarga yang menderita kolesterol. Jadi kolesterol juga menjadi salah satu penyakit warisan yang bisa diterima oleh anak cucu. Kolesterol yang parah akan memicu pada jantung koroner dan stroke.

Baca : Bagaimana mencegah kolesterol.

Kolesterol bisa terjadi pada siapa saja bagi mereka yang kurang perduli dengan kesehatan, seperti mengabaikan beberapa penyebab kolesterol diatas. Mulai saat ini cobalah untuk mengurahi beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko kolesterol diatas, agar tubuh tetap sehat dan bebas dari kolesterol jahat.

Ini Dia Penyebab Penyakit Jantung Koroner.


8 Penyebab Kolesterol Yang Perlu Anda Waspadai | Taufik Zunnurain | 4.5