Obat Alami Penderita Diabetes Paling Ampuh


Penderita diabetes setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini menunjukkan kurang sadarnya masyarakat terhadap kesehatan. Memang salah satu faktor resiko diabetes adalah genetik, tetapi gaya hidup tidak sehat termasuk pola makan yang kurang benar, malang mengolah fisik dan kurangnya tubuh istirahat juga merupakan faktor besar atas meningkatnya faktor diabetes. Untuk anda yang sudah menderita diabetes, yang menjadi titik fokus adalah bagaimana caranya untuk menjaga kadar gula ahar stabil (Baca : Cara mengatasi diabetes).

Diabetes sebenarnya diawali dari kurangnya kadar hormon insulin. Sementara produsen hormon insulin yaitu organ pankreas mungalami masalah sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan tubuh aka hormn tersebut. Hormon tersebut difungsika untuk mengkonversi zat gula menjadi energi. Jika zat gula dalam darah tidak bisa dirubah, tentunya akan menyebabkan meningkatkanya kadar gula dalam darah nah inilah yang disebut dengan diabetes.

Untuk mengontrol kadar gula anda bisa mengkonsumsi obat resep dokter secara rutin, selain itu anda juga diwajibkan memperhatian setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Jangan lupa untuk rutin melaksanakan aktivitas fisik yaitu olahraga. Sementara penggunaan obat diabetes dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan efek samping yang kurang berenan dengan kesehatan juga. Oleh karena itu, sebagai alternatif anda juga harus memilih obat alami diabetes.

Dengan menggunakan obat alami selain aman untuk kesehatan, obat alami diabetes juga akan menghemat biaya berobat anda. Obat alami diabetes adalah menggunakan bahan-bahan alami yang sudah dipercaya khasitnya. Bahan-bahan alami tersebut juga mudah anda temukan, dan murah pula harganya ditambahlagi anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Jadi dengan mengambil obat alami ini tentnya akan mengurangi obat-obat yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya.

Berikut ini obat alami diabetes yang bisa anda konsumsi dan membuatnya sendiri di rumah.

obat-alami-diabetes

Jahe

Jahe sudah dikenal memiliki khasiat herbal yang luar biasa sejak dulu. Penelitian di Sidney Universitas di Australia yang menyatakan bahwa ekstrak dari jahe (Buderim Ginger), bisa membantu meningkatkan suplai glukosa ke otot tanpa bantuan hormone insulin. Penelitian lain juga membuktikan juga yang diterbitkan dalam jurnal produk alami planta medica terbitas bulan Agustus 2012 yang menyatakan bahwa jahe dapat membantu control kadar gula darah dalam jangka panjang untuk penderita diabetes tipe 2.

Pare

Pare memang rasanya sangat pahit, namun siapa sangka dibalik rasa pahit, pare memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan termasuk untuk mengobati diabetes secara alami. Pare sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain diolah menjadi makanan, pare ini sudah sejak lama dipergunakan sebagai bahan atau obat tradisional untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit termasuk diabetes tipe 2. Kandungan zat aktif dalam pare seperti charatin yang dapat membantu menurunkan kadar gula. Kandungan pare yang lain yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula adalah lektin. Zat ini membantu mengurangi konsentrasi gula darah yang berkerja pada jaringan perifer.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang digunakan untuk merawat kecantik khususnya rambut. Namun, tidak sekedar untuk rambut manfaat lidah buaya, tetapi lidah buaya merupakan obat alami diabetes. Dari penelitian menyatakan bahwa minum jus lidah buaya akan membantu memperbaiki kadar gula glukosa dalam darah.

Baca : Makanan Yang Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Kayu manis

Obat diabetes alami selanjutnya adalah kayu manis, kayu manis akan membantu menurunkan resistensi insulin, selain itu juga menyerap gula usai makan dan sebagai anti peradangan. Memang kayu manis ini masih ada perbedaan. Karena hasil penelitian ada  yang berpendapat bahwa kayu manis memberikan efek pada gula darah dan ada yang berpendapat kayu manis tidak memberikan efek pada gula darah.

Jintan hitam

Jintan hitam atau dikenal dengan habatussauda ini sudah dari dulu dikenal akan khasiatnya. Mungkin anda sering mendengan obat-obatan herbal habatussauda yang banyak dijual di pasaran. Salah satu khasiat jinten hitam ini adalah untuk membantu mengurangi gula darah. jinten hitam atau habbatussauda juga membantu mengurangi kadar lemak darah, dan baik untuk memelihara kesehatan jantung dan hati.

Bawang merah

Bawang merah adalah bahan makanan yang paling sering digunakan. Banyak bumbu masak yang mengahuskan. Sebuah studi melaporkan bahwa penderita diabetes tipe 1 dan 2 mengkonsumsi bawang merah mentah 100  gr/hr  penderita diabetes baik tipe 1 maupu tipe 2 mengalami penurunan.

Bawang putih

Bawang putih juga sering manjadi bahan masakan utama untuk membuat makanan. Bawang putih ini juga tersedia didapur dan para ibu-ibu sudah akrab dengan bawang merah ini. jadi untuk memperolah bawang putih sangat mudah. Selain menjadi bahan makanan utama bawang putih juga dipercaya baik untuk menurunkan kadar gula darah merah. Meskipun bawang putih berkhasiat untuk menurunkan kadar gula terapi bukan berarti anda mengkonsumsi sebanyak-banyaknya, sebab bawang putih juga terdapat efek samping negatif.

Minum Teh Hijau

The hijau begitu popular dalam urusan menurunkan berat badan. Dalam the hijau mengandung senyawa hipoglikemik dan zat antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula tinggi dalam darah.

Daun Kelor

Anda mungkin sudah tahu dengan daun ini, daun kelor memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi, selain itu, daun kelor juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah berlebih.

Daun Kemangi

Daun kemangi juga dikenal baik akan khasiat herbalnya, salah satu daun manfaat kemangi adalah untuk meningkatkan kesuburan. Minyak essensial yang ada dalam daun kemangi membantu meningkatkan produksi eugenol, metil eugenol dan caryophyllene.

Buah Alpukat

Buah alpukat yang nikmat rasanya ketika dibuat minuman jus, ternyata memberikan dampak positif pada penderita diabetes. Kandungan lemak tak jenuh dalam bual alpukat bermanfaat untuk membantu menurunkan kada gula darah. Pada sebuah penelitian menunjukkan mengkonsumsi buah alpukat dapat menurunkan resiko sindrom metabolic termasuk diabetes mellitus.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan gula darah. Selain mengkonsumsi obat alami langsung dari alam, pada penderita diabetes juga harus menjaga setiap makanan yang masuk dalam tubuh, istirahat cukup, olahraga rutin, dan hindari stress. Semoga bermanfaat dan salam sehat.


Obat Alami Penderita Diabetes Paling Ampuh | Taufik Zunnurain | 4.5