Manfaat Puasa Ramadhan Dari Segi Kesehatan - Nyusandalan.com

Manfaat Puasa Ramadhan Dari Segi Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang ke 4 yang wajib dikerjakan. Puasa Ramadhan diwajibkan selama sebulan penuh yakni di bulan Ramadhan dan hanya satu bulan diantara dua belas bulan. Puasa Ramadhan dalam segi agama Islam banyak memiliki keutamaan-keutamaan hal ini tentunya sudah disampaikan di setiap Masjid dan Mushola disekitar kita. Pahala bulan berpuasa di bulan ramadhan pun sering disampiakan oleh para dai, para ulama atau guru ngaji kita, bahkan keistimewaan bulan Ramadhan juga telah kita pelajari dan ketahui bersama. Selain dalam hal batiniah berpuasa dibulan Ramadhan juga akan menghadirkan manfaat atau faedah bagi jasmani kita. Tentunya dengan berpuasa sebulan penuh akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat alami.

Advertisement

Berpuasa dapat membuat tubuh kita sehat hal ini sebagaimana Hadist Nabi SAW “Berpuasalah maka kamu akan sehat”, Sabda Nabi tersebut sudah disampaikan sejak seribu lima ratus abad yang lalu dan di zaman modern ini telah dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Sebagai hamba haruslah kita yakin bahwa setiap perintah Allah SWT pasti mengandung manfaat yang besar bagi kehidupan kita termasuk menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan. Nah sekarang kan lagi bulan Ramadhan 1437 H atau tahun 2016, sobat-sobat semua muslimin dan muslimat jangan sampai tidak berpuasa ya. Karena selain mendapatkan pahala yang besar juga sobat akan mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa. Nah apa saja manfaat puasa bulan Ramadhan untuk kesehatan ? simaklah ulasan berikut ini.

Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital tubuh kita, dapat dibayangkan jika satu-satunya alat filter yang ada dalam tubuh kita rusak atau sakit. Penyakit ginjal juga salah satu penyakit yang merupakan penyebab kematian terbesar di dunia. Dengan berpuasa Ramadhan Insya Allah ginjal kita akan sehat sebab ginjal akan berkerja optimal jika kekuatan osmosis urin mencapai seribu hingga dua belas ribu ml omosis/kg air. Nah hanya dengan berpuasa kadar asupan air tubuh bisa berkurang karena yang namanya puasa kan tidak minum dan makan selama seharian penuh.

Menurunkan berat badan dan menyehatkan percernaan

Dengan berpuasa berarti menahan masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh, sehingga akan membuat usus lebih bersih dari sisa-sisa makanan yang menyebabkan bertambahnya timbunan lemah dalam tubuh. Sekaligus akan menyehatkan organ pencernaan kita serta lebih memperlancar pencernaan kita.

Menjaga kesehatan jantung

Siapa sih yang tidak ingin jantung sehat tentnya siapa saja pasti mengacungkan jempol. Penyakitjantung merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian terbesar sehingga sangat ditakuti oleh setiap orang. Ternyata dengan berpuasa bisa menyebabkan jantung kita sehat hal ini disebabkankarena ketika sedang berpuasa akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan sebaliknya akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolestrol jahat adalah salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Ketahuilah apa saja penyebab jantung koroner.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Berpuasa memang badan teras lebih lemas dan loyo namun disisi lain

ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih prima. Hal ini karena ketika saat berpuasa kadar limfosit akan meningkat bahkan menurut penelitian peningkatan mencapai sepuluh kali lipat, inilah yang akan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu dengan menahan makan serta minum juga akan meminimalisir masuknya virus dan bakteri ke dalam itubuh kita melalui makanan dan minuman tersebut.

Memperbaiki psikologis dan menghidari darah tinggi

Puasa bukan hanya untuk menahan lapar dan dahaga saja, tapi harus menahan mental dari amarah. Berpuasa menjadikan kita lebih sabar dan lebih tenang dengan demikian Insya Allah akan terhindar dari darah tinggi. Sikap lebih sabar tersebut juga akan menurunkan adrenalin dalam tubuh yang akan berdampak pada penurunan kadar kolesterol jahat (HDL) serta mengurangi kontraksi empedu yang mana akan berdampak pada menurunnya resiko terkena jantung, stroke dan penyakit lainnya.

Manfaat Puasa Ramadhan

Mengurangi resiko diabet

Berpuasa ramadhan mengurangi asupan baik makanan maupun minuman yang dapat menyebabkan kegemukan, kolesterol dan termasuk diabetes. Mengurangi asupan makanan dan minuman tersebut secara tidak langsung juga akan mengurangi asupan gula dalam tubuh yang mana jika kelebihan zat gula akan menyebabkan diabetes.

Membuat paru-paru lebih sehat

Berpuasa Ramadhan selain menahan lapar dan haus juga menahan kebiasaan buruk seperti merokok, artinya dengan kurangnya kebiasaan buruk tersebut akan membuat tubuh kita lebih sehat terutama pada oragan pernafasan kita yaitu paru-paru.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Berpuasa akan mengurangi asupan makanan pada usus, sehingga usus pun dalam keadaan minim makanan, nah pada saat inilah usus akan melakukan proses detoksifikasi lebih maksimal.

Itulah beberapa manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan tubuh, jadi BENAR hadist Nabi yang memerintahkan kita agar berpuasa jika kita ingin sehat. Semoga dengan mengetahui hikmah puasa untuk kesehatan ini dapat menambah semangat kita dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahui 2016 ini dan tahun-tahun berikutnya. Wallahu A’lam Bishawab.


Manfaat Puasa Ramadhan Dari Segi Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5