Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Kacang Polong – Banyak pilihan untuk sehat dan pilihan tersebut tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal hanya saja membutuhkan kemauan yang serius. Hidup sehat bisa dimulai dengan makan makanan yang bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup. Mulai saat ini mari kita selektif terhadap semua makanan yang kita konsumsi, sebab mengingat saat ini banyak sekali makanan maupun minuman yang kurang mendukung dengan kesehatan tubuh kita. Alih-alih mengutamakan citarasa dari setiap makanan yang kita konsumsi tanpa menghiraukan dampaknya terhadap kesehatan tubuh. Bahkan sebagian dari kita tidak menyadari bahwa makanan yang masuk dalam tubuh kita mengandung zat yang berbahaya dan dapat menibulkan beragam penyakit.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi kadang memang kurang memberikan rasa yang lezat namun sangat baik untuk tubuh kita. Inilah yang perlu kita sadari, bahwa kesehatan adalah sangat-sangat mahal harganya jadi yuk kita pelihara lebih serius lagi. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah kacang polong, kacang ini sangat populer diluar Negeri, tapi di Indonesia ini kacang polong sudah bisa kita dapatkan dengan mudah. Kacang polong pun akan memberikan citarasa yang cukup dapat memanjakan lidah kita, asalkan sobat mampu mengolah kacang polong ini. Kacan polong juga bisa dikonsumsi sebagai pendamping makanan berat lainnya yang pastinya akan menambah selera makan sobat semua. Pengolahan kacang polong ini bisa dimasak untuk campuran sayur dan sup serta diolah menjadi beragam jenis masakan lainnya.

Kacang polong selain memberikan rasa yang cukup nikmat juga sangat berdampat positif terhadap kesehatan tubuh kita secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan kacang polong yang penting untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaat kacang polong ini bisa sobat baca pada beberapa poin dibawah ini.

Manfaat kacang polong

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kolesterol saat ini menjadi penyakit yang begitu populer tidak memandang orang kaya, setengah kaya, maupun orang yang berada pada lapisan ekonomi menengah ke bawah. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap setiap makanan yang dikonsumsi yaitu yang penting enak sikat saja. Dan hasilnya lihat saja sendiri tubuh menjadi sarangnya penyakit. Untuk menghidari kolesterol dan untuk menurunkannya bagi yang sudah terkena kolesterol dapat mengkonsumsi kacang polong ini. Kacang polong mengandung omega 3 yang dapat membantu menurukan kolesterol dan mengurangi lemak jahat dalam tubuh kita. Sementara omega 3 adalah lemah tak jenuh yang akan menekan lemak jahat dalam tubuh.

Memperbarui dan memperbaiki sel yang rusak

Salah satu kandungan penting dari kacang polong ini adalah vitamin C, vitamin ini sangat berperan terhadap kesehatan tubuh kita yaitu melindungi tibuh dari virus maupun kanker dimana vitamin C ini sebagai anti oksidan. Selain menjadi antiokdisan vitamin C juga membantu dalam pembentukan sel, sel yang rusak, yaitu dengan memperbaiki dan membentuk sel baru. Regenerasi sel yang baik akan berdampak pada kesehatan kulit dan juga penampilan kulit tubuh sehingga berpengaruh pada kecantikan kulit.

Menormalkan kadar gula dalam darah

Penyakit gula darah juga juga tidak kalah populer di Indonesia, penyakit ini banyak yang berpendapat karena faktor turunan, namun informasi yang lain menyebutkan bahwa penyakit gula darah ini atau disebut diabetes bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Kacang polong dipercaya baik untuk menormalkan kadar gula darah juga untuk pencegahaanya. Dilihat dari kandungan protein dan serat akan membantu ginjal dan penyerapan pada organ dalam kita untuk mengurangi kadar gula darah.

Sumber Vitamin A

Beta karoten adalah zat yang memang banyak dijumpai pada tumbuhan berwarna merah, orange dan kuning. Zat ini dimungkinkan juga terdapat pada kacang polong, zat alami ini berguna untuk merubah zat warna tumbuhan tersebut menjadi vitamin A. Vitamin A bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi tibuh kita dan baik untuk memelihara kesehatan mata.

Mengurangi resiko tulang keropos

Manfaat Kacang Polong

Manfaat Kacang Polong

Kandungan zat folat yang banyak ditemukan dalam kacang-kacangan termasuk kacang polong ini akan membantu mengurangi homosistensis yang menyebabkan osteoporosis. Jika homosistensi tinggi dalam darah maka resiko tulang keropos semakin besar.

Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Kacang polong banyak mengandung zat seperti sapion, flavanol, fitonutrien terutama kandungan flavanol yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang berdampak pada jantung. Serta kandungan omega 3 yang mengurangi lemak jahat. Lemah jahat merupakan salah satu konstributor terhadap penyakit jantung.

Untuk kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh sudah sepatutnya untuk dipertahankan agar tubuh tidak mudah sakit. Nah agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat diperlukan asupan yang bergizi. Zat yang baik untuk meningkatkan sistem imum ini seperti flavonoid, asam fenoleat, plifenol dan karotenoid dalam kacang polong yang berfungsi sebagai zat anti oksidan dalam tubuh. Melindungi tubuh dari penyakit kanker, serta memperbaiki sel kulit yang mati. Jika membentukan sel optimal bisa berdampak pada sembuhnya suatu penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk memilih hidup sehat tidaklah mahal dan perlu kita sadari bahwa kesehatan adalah sangat sangat mahal harganya. Lihat orang yang sedang sakit, hanya mengalami sakit salah satu organ tubuhnya saja sudah berapa besar biaya pengobatan yang sudah dikeluarkan. Nah, kita yang diberi sehat Alhamdulillah, sebagai rasa syukur atas nikmat sehat tersebut marik kita jaga kesehatan kita sebaik-baiknya.

Demikialah sedikit goresan tentang manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh, semoga bisa menjadi motivasi sehat buat kita semua. Sumber makanan sehat lain sobat bisa baca:


Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh | Taufik Zunnurain | 4.5