Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan


Menjelang bulan September 2014 ini di desa saya mulai memanen kedelai, hasil panen kedelai kurang mencapai hasil yang memuaskan dibanding dengan tahun lalu. Panen yang kurang maksimal disebabkan karena minimnya kadar air di sawah, sebab sawah di sekitar desa saya hanya mengandalkan air hujan untuk pengairannya atau disebut dengan tadah hujan. Tapi walau bagaimanapun kita tetap harus mensyukuri atas karunia dari Sang Maha Memberi yaitu Allah SWT. Terlepas dari itu semua saya tertarik untuk mengulas sedikit tentang kandungan dan manfaat kedelai bagi kesehatan. Kedelai masih tergolong tumbuhan kacang-kacangan atau polong-polongan yang memiliki kandungan nutrisi berguna bagi tubuh ini.

Kedelai banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat beragam jenis makanan yang enak nan lezat seperti tempe, tahu dan lain sebagainya.  Akhir-akhir ini kacang kedelai dijadikan susu disebut dengan susu kedelai kaya akan gizi.

Peran penting kedelai bagi kehidupan kita adalah sebagi sumber protein nabati yang dapat memberikan sumbangsih kesehatan pada kita. Selain biji, bagian tumbuhan kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak besar dan menengah seperti sapi dan kambing.

Selain itu, cambah kedelai juga sangat bermanfaat dijadikan lalapan, urap-urap dan sayuran lainnya. Jenis kedelai ada yang hitam dan ada yang putih, namun di Indonesia yang banyak ditanam oleh petani adalah kedelai putih. Hasil kedelai putih dalam Negeri masih kurang untuk memenuhi permintaan sehingga sampai saat ini impor kedelai masih berlangsung untuk memenuhi kebutuhan.

Berbagai sumber menyatakan bahwa kacang kedelai sangat bermanfaat untuk mengobati dan pencegahan berbagai penyakit, hal ini karena terkait dengan kandungan senyawa kimia yang dimilikinya. Untuk itu apa saja sih kendungan nutrisi kacang kedelai itu, simak di bawah ini.

Kandungan Gizi Kedelai adalah sebagai berikut:

Kandungan gizi pada 100 gram kedelai meliputi protein sebesar 40.4 gram, karbohidrat sebesar 16.7 gram, lemak sebesar 16.7 gram, energy sebesar 381 kkal, kandungan besi sebesar 10 miligram, kalsium sebesar 222 miligram, fosfor sebesar 682 miligram, vit. B komplek sebesar 0,52 miligram dan vit C sebesar 121.7 miligram.

manfaat-khasiat-kandungan-gizi-kacang-kedelai-kesehatankhasiat-manfaat-kandungan-gizi-kacang-kedelai-kesehatan

Manfaat dan khasiat kedelai bagi kesehatan:

  • Menjaga kesuburan rambut agar tidak botak.
  • Mencegah kanker prostat dan jenis kanker lainnya hal ini karena kandungan Isoflavon yang hanya didapat pada kacang kedelai.
  • Baik untuk diet, hal ini karena kadar glisemik yang rendah sehingga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.
  • Mencegah tulang keropos, Kandungan isoflavon pada kedelai bermanfaat untuk mencegah kerusakan tulang.
  • Mengadung antioksidan yang berguna untuk mencagah penyakit kanker dan kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Mencegah stroke dan penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi terjadinya pembekuan darah.
  • Mencegah diabetes, kandungan serat dan protein pada kacang kedelai akan berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah, sehingga baik untuk pencegahan penyakit diabetes.

Kacang kedelai sebagai sumber pangan yang kaya akan nutrisi, maka dengan demikian jadikan kedelai ini menjadi bagian dari daftar menu makanan anda. Alhamdulillah, semoga bermanfaat.


Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5