Manfaat Buah Mengkudu Mengkudu Bagi Kesehatan


Mengkudu adalah tumbuhan yang berasal dari daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Pohon mengkudu umumnya meiliki ciri-ciri diantarnya tidak bisa tumbuh besar kisaran tingginya hanya mencapai 4-6 meter, memiliki batang yang bengkok, kasar, dan memiliki akar tunggang yang bisa menjangkau tanah cukup dalam.

Warna kulit batang coklat agak keabu-abuan, tidak memiliki bulu dan cabangnya segi empat, namun tajuknya selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Daun mengkudu mengkilap dan tebal terletak berhadap-hadapan. Ukuran daunnya tebal, besar dan tunggal. Tepi daun mengkudu rata dan ujungnya runcing pangkalnya berbentuk pasak.

Bunga mengkudu merupakan bunga majemuk dan bertangkai 1-4 cm, biasanya tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun tumbuh normal. Mahkota bunga mengkudu warnanya putih dan bentuknya seperti corong panjang sekitar 1.5 cm dan benangsarinya menempel di mulut mahkota. Dan masih banyak ciri-ciri yang lain dari tanaman mengkudu ini.

Di Indonesia mengkudu ini memiliki banyak sebutan seperti pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu (Sunda), tibah (Bali), khoduk (Madura) dan masih banyak nama-nama lain untuk tanaman ini. Mengkudu termasuk dalam family ribuaceae.

manfaat-buah-mengkudu

Manfaatnya bagi kesehatan

  1. Dari segi nutrisi, mengkudu merupakan makanan bergizi yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi mengkudu diantaranya vitamin, protein dan mineral penting. Salah satu mineral yang terdapat pada kandungan mengkudu adalah selenium sebagai antioksidan yang hebat. Senyawa lain yang terkandung dalam mengkudu ini yaitu trace elemens, sosium, arginine, antra quinines, lycine, xeronine, proxeronine, magnesium, caprylic acid, plant sterois,alizarin, phenylalanine, dan masih banyak kandungan yang lain.
  2. Senyawa terpenoid membantu dalam proses sintesis organic dan untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak.
  3. Sebagai zat anti bakteri, buah mengkudu banyak mengandung zat-zat aktif yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi. Zat-zat itu diataranya : Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis dan Protens morganii. Selain itu juga berfungsi untuk mengontrol bakteri pathogen.
  4. Mengandung zat anti kanker, zat anti kanker mengkudu ini berfungsi dan sangat efektif untuk membunuh sel-sel abnormal.
  5. Xeronine dan Proxeronine, xeronine adalah salah satu alkaloid penting yang dapat ditemukan di buah mengkudu. xeronine tersebut diserap oleh dan digunakan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif. Sedangkan jenis-jenis asam nukleat seperti koloid-koloid disebut Proxeronine.
  6. Senyawa scolopetin berfungsi untuk mengobati alergi dan peradangan.

Ternyata kandungan senyawa yang terdapat pada mengkudu begitu bermanfaat bagi tubuh kita untuk mengobati penyakit dan untuk pencegahannya. Mengkudu sendiri banyak kita jumpai disekitar kita, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mendapatkannya. Semoga bisa memberi manfaat…


Manfaat Buah Mengkudu Mengkudu Bagi Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5