Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan - Nyusandalan.com

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Buah melon memiliki bahasa latin Cucumis melo adalah jenis tanaman yang masuk dalam keluarga labu-labuan seperti semangka, mentimun dan masih banyak lagi. Sebagaimana biasanya buah yang termasuk dalam labu-labuan memiliki kandungan air yang sangat banyak, sehingga sering dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai buah penyegar.

Daging buah melon cukup tebal pada lapisan dalam setelah kulit dan didalam buah melon terdapat banyak sekali biji melon. Buah melon merupakan salah satu buah yang banyak digemari di Indonesia, ini saya lihat ketika tampak orang jualan buah atau dalam bahasa jawa disebut dengan bakol buah hampir semua dari mereka menjual buah yang satu ini. Harga buah melon di Negara kita juga tidak terlalu mahal artinya masyarakat pada semua lapisan ekonomi Insya Allah mampu untuk membelinya.

Advertisement

Buah melon sangat enak dimakan namun tidak jarang buah ini dijadikan minuman jus yang nikmat sekali. Makan buah melon akan terasa lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi agak lebih dingin karena kandungan airnya yang banyak akan lebih menyegarkan mulut. Buah melon yang sudah masak atau matang tidak bisa tahan lama sehingga agar lebih awet sobat bisa menyimpannya ke dalam lemari es.

Namun dibalik kenikmatan rasa buah melon tersebut marilah kita kenali lebih dalam tentang jenis flora ini. Melon merupakan jenis tanaman musiman namun bisa ditanam sepanjang tahun. Hal ini saya pelajari petani melon di desa saya, mereka banyak yang mencoba untuk menanam melon karena tergiur oleh petani lainnya yang berhasil dalam menanam melon ini.

Petani melon di desa saya biasanya menanam melon sekali dan panennyapun sekali, jadi dalam waktu setahun bisa beberapa kali. Kalau berhasil dalam menanam melon hasilnya bisa melebihi hasil panen padi yang ditanam pada ukuran sawah yang sama, tetapi dalam penanaman dan perawatan melon hingga panen membutuhkan dana yang cukup besar dibanding tanaman seperti padi, kedelai, semangka, kacang dan polong-polongan lainnya.

Tanaman melon membutuhkan cukup air, namun tidak baik jika kebanyakan air. Sehingga sebelum ditanam petani biasanya membuat guludan-guludan yang tidak terlalu lebar yang kira-kira bisa ditanam untuk satu melon namun membetuk barisan yang panjang. Kemudian guludan tersebut atasnya ditutup dengan plastik panjang dan dibikin lubang pada setiap jarak kurang lebih setengan meter untuk di Tanami bibit melon tersebut. Tujuan ditutup plastik agar guludan tidak terkena air hujan, sebab tidak bagus jika kebanyakan air. Setelah itu pada guludan itu ditancepi bambu untuk rambatan melon tersebut.

Satu pohon melon bisa menghasilkan beberapa buah, namun petani biasanya memotong buah-buah tersebut dan meninggalkan hanya satu buah saja. Kenapa demikian, tujuannya adalah agar menghasilkan buah yang berkualitas meskipun hanya satu dalam satu pohon. Disamping itu zat hara dan kandungan lain yang ada dalam tanah dimanfaatkan dan hanya terfokus pada satu buah tersebut. Ketika masa panen, melon dipanen dalam kondisi benar-benar sudah masak sebab jika tidak masak maka buah akan kurang manis rasanya dan tidak bisa masak setelah dipanen itu. Namun dari pada itu pemanenan melon tidak boleh lewat dari pada masa masak tersebut sebab buah melon mudah sekali busuk.khasiat-buah-melonKandungan-gizi-melon-khasiat-kesehatan

Selain rasa buahnya yang manis aromanya yang sangat sedap, ternyata kandungan nutrisi melon juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Diantara kandungan gizi yang terdapat pada buah melon (per 100 grm) adalah vit. A = 5.706,5 IU, vit. C = 74,7 miligram, protein = 1,55 gram, lemak = 0,5 gram, karbohidrat = 14,8 gram, potassium = 546,9 miligram.

Dari kandungan gizi tersebut dan kandungan senyawa kimia lainnnya dapat memberikan manfaat sehat bagi tubuh kita :

  • Dari vitamin A yang dikandungnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, gigi, tulang dan kulit.
  • Dari kandungan vitamin C yang ada pada melon tentunya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Selain itu juga untuk mengobati gusi bengkak, memperlancar pencernaan.
  • Senyawa lain yang terkandung pada melon adalah karotenoid yang bisa mencegah penyakit kanker.
  • Kandungan air yang banyak pada melon juga berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui urine.
  • Sebagai buah untuk diet yang baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, sebab kandungan yang rendah akan kalori, lemak serta kolesterol tepat sekali untuk menemani proses diet anda.

Melon yang sering kita konsumsi untuk mendapatkan kenikmatan rasa buahnya ternyata juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan kita. Bersyukurlah atas anugrah Ilahi ini, salah satunya yaitu kenikmatan dan manfaat buah melon ini.

Satu lagi, salah satu tips untuk memilih buah melon yang manis, pilihlah buah melon yang kulitnya lebih kasar. Semoga bermanfaat.


Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5