Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan - Nyusandalan.com

Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan


Manfaat Cincau Hijau, – Kalau disebut cincau dalam benak kita pasti merujuk pada minuman penyegar yang seringkali dijajakan dijalanan. Wajar kebanyakan dari kita dari kecil hingga dewasa mengenal cincau adalah sebuah minuman es yang segar untuk meredakan tenggorokan yang kering dan tepat sekali dikonsumsi ketika musim panas. Dari sini cincau pasti sudah sangat akrab ditelinga kita, nah untuk menambah selera anda menikmati hidangan es cincau yang segar ada baiknya jika anda mengetahui manfaat cincau hijau untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya terdapat jenis cincau lain yang mungkin tidak kalah tenar ditelinga kita yaitu cincau hitam, namun untuk kali ini mari kita bahas apa saja manfaat cincau hijau untuk kesehatan manusia.

Kita mungkin sering minum es cincau yang di jual di pinggir-pinggi jalan, tahukah sobat bawa es cincau yang kita minum itu berasal dari olahan daun cincau hijau yang mengental menyerupai agar-agar. Kenapa demikian? Cincau mengandung zat yang dapat mengentalkan dirinya dari hasil absorb zat cair seperti air. Inilah asal muasal es cincau dibikin yaitu dengan memeras daun cincau dengan air kemudian membiarkannya lama-lama akan mengental menyerupai agar-agar. Kemudian cincau tersebut di jadikan campuran minuman yang ditambahkan dengan air santan dan air gula jawa akhirnya terbentuklah es cincau yang seperti kita kenal saat ini.

manfaat-cincau-hijau-untuk-kesehatanDaun cincau kaya dengan karbohidrat, pada zaman dahulu tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk pengobatan beberapa penyakit misalnya untuk mengobati diare. Tanaman ini mudah tumbuh, tapi agar bisa tumbuh subur maka perlu anda berikan pupuk kompos dan rutin menyiramnya terutama saat musim kemarau. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan batang lurus keatas maupun ke samping, kalau diperhatikan tanaman ini seperti tanaman yang tumbuh merambat diatas inangnya, tapi sebenarnya cincau ini bukan jenis tanaman merambat. Dalam bahasa latin tumbuhan ini disebut dengan Cyclea barbata yang dipercaya sebagai tanaman obat pada zaman dahulu.

Seiring dengan perkembangan teknologi bahwa kepercayaan akan cincau sebagai tanaman obat tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Hal ini karena telah dibuktikan dengan jenis zat kandungan yang ditemukan pada daun cincau hijau itu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa cincau kaya dengan klorofil, sebagaimana kita tahu bahwa oksigen yang kita butuhkan setiap detik dihasilkan oleh tanaman yang melibatkan zat tersebut. Kandungan klorofil pada daun cincau ternyata juga melebihi daun pegagan, daun katuk dan daun murbei. Dalam setiap 1 kg daun cincau mengandung klorofil sekitar 1708.8 mg sebuah angga yang cukup besar bukan?

Klorofil yang diserap oleh tubuh bermanfaat sebagai antioksidan alami yang berfungsi untuk mencegah timbuknya sel kanker. Selanjutnya klorofil juga akan membantu mengeluarkan racun, bakteri dan virus dari dalam tubuh, dengan cara mengeluarkan zat-zat tersebut keluar dari dinding sel, sehingga akan diangkut oleh darah untuk dikeluarkan baik melalui urin maupun keringat. Agar proses detoksifikasi ini bisa berjalam lebih optimal maka diperlukan asupan zat cair yang cukup dalam hal ini yang tebaik adalah air mineral.

Selain manfaat di atas, temukan manfaat lainnya dengan membaca ulasan berikut ini.

Manfaat cincau hijau untuk tubuh

Menurunkan suhu tubuh

Kekurangan cairan dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi es cincau yang menyehatkan tersebut.

Membantu menurunkan tensi darah

Salah satu kandungan daun cincau bermafaat untuk melancarkan peredaran darah, yaitu dengan cara memperlebar pembuluh darah serta mengurangi endapan yang dapat membuat pembuluh darah tersumbat.

Untuk mengobati peradangan

Daun cincau baik digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati peradangan yang diakibatkan oleh kuman maupun bakteri. Caranya cukup mudah hanya dengan mengolesi daun cincau yang telah dihaluskan dan dicampur dengan sedikit garam lalu tempelkan dan oleskan pada bagian tubuh yang mengalami peradangan atau inflamasi.

Mencegah tulang keropos

Tulang keropos salah satunya disebabkan karena kekurangan asupan kalsium, nah cincau ternyata mengandung potensi fungsi untuk memadatkan tulang. Yaitu dengan cara memberikan kalsium, magnesium dan fosfor yang terdapat pada cincau tersebut.

Baik dikonsumsi oleh penderita tyfus

Kandungan fosfor, dan tokoferol serta kandungan positif lainnya baik untuk membantu penyembuhan pada penyakit tyfus. Nah buat anda yang mengalami keluhan ini, anda bisa mengkonsumsi cincau.

Diatas merupakan beberapa manfaat cincau hijau yang saya petik dari berbagai sumber semoga bisa menjadi informasi positif buat anda. Tak disangka bahwa cincau yang mungkin sering kita konsumsi sadar maupun tidak sadar akan kesehatan setelah mengkonsumsi cincau ini bisa mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa. Wajib kita syukuri setiap anugrah Ilahi yang telah meliputi dalam kehidupan kita khususnya untuk tumbuhan cincau ini. Tapi buat anda yang menghindari konsumsi santan lebih baik cincau ini di konsumsi tanpa dicampuri dengan santan tersebut. Anda dapat mengkonsumsi cincau ini dengan hanya mencampurkan air gula merah atau gula jawa agar lebih nikmat. Jangan anda beranjak dulu simak manfaat beras merah dan manfaat beras hitam yang telah kami ulas sebelumnya.


Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5