Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan


Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan, Beras hitam memang tak sepopuler dengan beras putih dan beras merah, tapi akhir-akhir ini sebagian besar orang mulai banyak mengkonsumsi beras yang satu ini. Kalau beras putih ya sudah menjadi konsumsi popok sehari-hari, setelah beras putih masyarakat mengenal varieta beras merah, kedua varietas ini akan kita bahas pada postingan berikutnya. Untuk kali ini admin akan mengulas sedikit tentang manfaat beras hitam untuk kesehatan, dimana beras ini belum banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang sebagaimana beras putih dan beras merah tersebut diatas. Saat ini beras hitam banyak dikonsumsi di Negara benua Amerika, tapi beras hitam sudah menjadi konsumsi oleh penduduk Cina sejak bertahun-tahun lalu. Konon beras ini merupakan beras yang hanya dikonsumsi oleh golongan darah biru seperti Raja dan keluarga Raja di Negara Cina pada zaman dahulu kala.

Tapi saat ini beras hitam sudah agak mudah ditemukan dipasaran baik di toko maupun di supermarket banyak yang telah menjajakan beras hitam ini. Beras hitam keberadaannya lebih langka dibandingkan dengan beras putih dan beras merah, hal ini mungkin disebabkan karena para petani di Negara kita hampir semua menanam padi penghasil beras putih dan sebagian mungkin beras merah. Memang wajar karena kebutuhan masyarakat akan beras putih tidak bisa ditunda sehingga beras putih yang banyak ditanam oleh petani yang notabenenya untuk tujuan komersil dan untuk kebutuhan keluarga sendiri. ngomong-ngomong soal beras hitam hal yang menarik adalah menurut penelitihan bahwa beras hitam ini kaya akan kandunga nutrisi penting untuk tubuh. Nah apa saja kandungan nutrinya silahkan beranjak ke paragraf berikutnya.

Uji coba terhadap varietas ini telah menghasilkan banyak hal positif yaitu beras hitas kaya dengan gizi yang diperlukan oleh kesehatan tubuh. diantara kandungan nutris per seratu gram beras hitam antara lain : karbohidrat 76,17 gram, serat, 3,4 gram, energi 1515 kj / 362 kcal, air 12,37 gram, kalsium 33 miligram, asam lemak 0,526 gram, zat besi 1,80 miligram, niacin 4,038 miligram, mangan 3,743 miligram, magnesium 143 miligram, methionine 0,169 gram, potasium 268 miligram, fosfor 264 miligram, protein 7,50 gram, prolin 0,352 gram, thiamin 0,413 gram, sodium 4 miligram, lemak 2,68 gram, riboflavin 0,043 miligram, vitamin B6 0,509 miligram, zinc 0,02 miligram dan masih banyak kandungan yang lain.

Beras hitam warna bijinya memang hitam mungkin karena warnanya yang hitam itulah sehingga masyarakat menyebut beras jenis ini dengan sebutan beras hitam. Pada dasarnya diantara beras hitam, beras putih dan beras merah adalah sama hanya saja berdasarkan ujicoba beras hitam lebih unggul dalam hal kandungan nutrisi. Nah nutrisi dari beras hitam ini jika dikonsumsi oleh manusia Insya Allah akan melahirkan kesehatan untuk tubuh yang kita cintai ini. Dalam hal kesehatan apa saja manfaat beras hitam ini? untuk tahu ini, ikuti artikel ini lebih lanjut.

Manfaat beras hitam bagi kesehatan tubuh:

Untuk memelihata kesehatan jantung

Penyakit jantung salah satu konstribusu dari penyakit lain seperti kolesterol, nah jika ingin organ jantung anda tetap sehat maka anda juga harus menjaga kolesterol anda. Menjaga kadar kolestero jahat dalam darah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi beras hitam hal ini disebabkan karena kandungan antosianin fitokimia yang ditemukan pada beras hitam ini.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sebagaimana kandungan nutrisi beras hitam yang telah disebutkan diatas adalah kaya dengan serat, zat ini sangat diperlukan pada proses pencernaan makanan dalam organ usus kita. Kebutuhan serat yang tercukupi akan menjadikan pencernaan lancar. Disisi lain juga akan membuat organ usus kita menjadi lebih sehat karena kerjanya terbantu dengan zat serat yang selalu tersedia melalui beras hitam ini.

manfaat-beras-hitam-untuk-kesehatan

Sumber antioksidan

Zat antioksidan bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi berbagai tubuhan dan buah salah satunya adalah beras hitam ini. Beras hitam ternyata mengandung antioksidan tinggi beberapa zat yang ditemukan adalah antosianin dan vitamin E yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Sebagai zat pewarna alami

Saat ini kebanyakan orang ketika mengolah makanan agar terlihat lebih menarik maka diberikanlah zat pewarna. Pemakaian zat pewarna sendiri banyak digunakan baik untuk kalang rumah tangga maupun produsen makanan . Sebagian besar mereka memakai zat pewarna yang tidak sehat bahkan menggunakan pewarna kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Nah untuk solusi ini anda dapat mengambil langkah dengan menggunakan zat pewarna alami yang aman bagi kesehatan tubuh. Pewarna alami bisa diambil dari beras hitam ini yakni warna yang dihasilkan beruma warna hitam, gelam, dan ungu tua.

Agar terhidar dari diabet

Beras hitam kaya dengan zatzat penting untuk tubuh, diantara zat-zat tersebut bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes mellitus. Kandungan serat beras hitam akan menghambat penyerapan gula oleh darah sehingga zat gula yang diserap tidak berlebihan. Selain itu beras hitam juga menjadi sumber energi.

Mengurangi resiko diare

Jangan anggap remeh penyakit diare, bahkan pada balita penyakit ini sering menimbulkan kematian. Untuk mengurangi resiko terkena diare maka harus anda penuhi asupan serat. Serat tersebut membantu memperlancar proses pencernaan juga akan menyebabkan kotoran / tinja agak lebih padat. Nah inilah mungkin akan lebih terhidar dari penyakit diare.

Itulah beberapa manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh, walaupun agak sulit mendapatkan beras hitam tapi cobalah sekali-kali merasakan kelezatan dari beras hitam ini. Disamping untuk memanjakan indra perasa kita juga akan menjaga kesehatan tubuh secara alami. Selain beras hitam ketahui juga apa saja Manfaat Labu Siyam Bagi Kesehatan Tubuh.


Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan | Taufik Zunnurain | 4.5