Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Nyusandalan.com

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat bengkoang, Benkoang atau nama asingnya Pachyrhizus erosus adalah umbi yang besar dalamnya berwarna putih dan kaya dengan air, rasa sedikir manis, renyak jika digigit dan enak seringkali dimanfaatkan sebagai campuran rujak dan dibikin sebagai bahan manisan. Tumbuhan asal Amerika Tropis ini ternyata kaya nutrisi penting yang dapat membuat tubuh kita sehat jika dikonsumsi dan bermanfaat pula untuk kecantikan kulit. Kesegaran bengkoang ini banyak dimanfaatkan oleh kaum hawa sebagai masker atau dikenal dengan masker bengkoang yang tujuannya adalah untuk memelihara kesehatan kulit terutama untuk merubah tampilan kulit menjadi lebih putih dan cerah alami. Kandungan bengkuang atau bengkoang ini adalah didominasi dengan vitamin C, sedang kita tahu bahwa vitamin C sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita dan juga kecantikan. Baca : Manfaat vitamin C.

Sehingga tak heran jika banyak pabrikan kosmetik yang memanfaatkan bengkoang ini sebagai bahan dasar untuk membuat konsmetik kecantikan diantara produk kecantikan dari bengkoang ini seperti sabun kecantikan, lulur, lotion dan pelembab kulit. Namun jika ingin yang lebih alami, sobat dapat membuat racikan kosmetik bengkoang sendiri tentunya harus meminta saran kepada para ahli. Bengkoang kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh kita diantara kandungan bengkoang sobat bisa lihat dibawah ini.

Advertisement

Kadungan gizi bengkoang:

  • Bengkoang memiliki kandungan energi sebanyak 55 kkal setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 12.8 gram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan protein sebanyak 1.4 gram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan kalsium sebanyak 15 gram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan lemak sebanyak 0.2 setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan fosfor sebanyak 18 gram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan zat besi sebanyak 1 miligram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan vitamin B1 sebanyak 0.04 gram setiap seratus gram
  • Bengkoang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 20 gram setiap seratus gram

Kandungan terbesarnya adalah vitamin C, dan juga ditemukan zat antioksidan lainnya seperti flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet. Nah untuk manfaat bengkoang selengkapnya sobat dapat membaca ulasan dibawah ini.

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Menurunkan demam

Demam yang tinggi menjadikan badan kita terasa meriang dan kedinginan, bengkoang yang kaya dengan air serta nutrisi lainnya dapat menurukan demam, bisa dimakan langsung maupun dibuat jus bengkoang.

Mengatasi susah buang air besar

Serat ternyata juga ditemukan dalam salah satu kandungan bengkoang. Sebagaimana kita ketahui bahwa serat cukup apik untuk memelihara saluran pencernaan kita serta melancarkan saat buang air besar. Dengan mengkonsumsi bengkoang BAB menjadi lancar sehingga akan terhindar dari sembelit maupun wasir dan masalah pencernaan lainnya.

Menjaga kadar gula tetap normal

Kandungan serat bengkoang diserap secara berlahan oleh usus sehingga glukosa pada makanan dalam usus tidak terserap semua, nah hal ini cukup baik untuk pencerita diabet agar kadar gula dalam darah tetap normal dan bahkan dapat diturunkan.

Menjaga kadar kolesterol

Kandungan serat bengkoang juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah, ditunjang dengan asupan vitamin C dari bengkoang yang dapat mencegah naiknya kadar kolesterol.

Mengatasi panas dalam

Jika mengalami panas dalam dapat menimbulkan sariawan dan bibir pecah-pecah serta timbul keluhan pada mulut lainnya yang disebabkan oleh alergi karena kekurangan vitamin C dan ketahanan tubuh menurun. Bengkoang kaya dengan vitamin C yang sangat efektif untuk mencegah gejala panas dalam dan berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Mencegah naiknya asam lambung

Jika memiliki masalah dengan asam lambung mengakibatkan perut terasa begah, kenyak dan mual seakan ingin muntah. Nah jenis umbi seperti halnya bengkoang sangat baik untuk menurunkan asam lambung.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tercegah dari berbagai infeksi yang diakibatkan oleh virus bakteri maupun mikroorganisme yang lain.

Manfaat bengkoang

Manfaat bengkoang untuk Kecantikan

Bengkoang begitu populer dikalangan wanita sebab bengkoang di identikan dengan kecantikan tubuh. Bahkan sering kali juga kita melihat atau mendengar beragam merek kream dan lotion kecantikan yang berasal dari bengkoang. Berdasarkan penelitian bengkoang bagus untuk merawat kesehatan kulit agar tetap sehat, cerah dan putih alami. Inilah yang menjadikan bengkoang banyak dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kream dan lotion kecantikan. Tak hanya itu zat antioksidan seperti vitamin C sangat baik untuk melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker kulit, peradangan serta melindungi tubuh dari virus lainnya.

Yang lebih populer lagi dengan bengkoang adalah dijadikan sebagai masker wajah, ini memang cara lama namun sangat aman untuk dilakukan, sebab dengan meraciknya secara tradisional tentunya akan menghilangkan efek samping yang sering dikhawatirkan oleh para pengguna kosmetik. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan umbi bengkoang bagian dalam (warna putih) dengan cara diparut atau yang lain. Kemudian oleskan pada wajah merata, gosoh dan pijit perlahan dan diamkan untuk beberapa waktu. Setelah itu bersihkan dengan air. Khasiat masker bengkoang dapat menjadikan kulit wajah lebih lembut, cerah dan putih alami. Nah dengan begitu kan sobat akan terlihat lebih cantik dan lebih muda.

Untuk kecantikan alami selain dari bengkoang, sobat juga dapat mengambil dari manfaat mentimun untuk kecantikan atau manfaat tomat untuk kecantikan.

Demikianlah sedikit ulasang mengenai manfaat bengkoang semoga bermanfaat.


Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan | Taufik Zunnurain | 4.5