Manfaat Bekatul Untuk Tubuh Manusia


Manfaat Bekatul Untuk Tubuh Manusia | Banyak orang beranggapan bahwa bekatul adalah dedak yang hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Sehingga kebanyakan dari mereka memanfaatkan limbah proses beras ini hanya sebagai makanan untuk hewan piaraan mereka. Yaitu sebagai campuran memberi minum sapi, kambing, kerbau dan untuk pakan ayam dan bebek. Semakin berkembangnya zaman olahan makanan semakin modern dan makanan kuno seperti terbuat dari bekatul sudah dianggap kampungan dan anggapan “makanan apa itu? “ padahal kalau kita mau sadar justru makanan kuno dan alami itulah yang sangat baik untuk kesehatan.

Sobat sehat mungkin juga pernah berfikiran kenapa zaman sekarang penyakit yang aneh-aneh semakin merajalela melanda banyak orang baik itu orang kaya maupun orang miskin sekalipun. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya menjaga pola makan, bahan makanan kurang bersahabat dengan kesehatan banyak terjual dipasaran dengan harga murah dan semua lapisan masyarakat mampu membelinya. Belum lagi banyaknya makanan yang mengandung bahan berbahaya untuk tubuh, memang dari segi rasa sangat nikmat di dilidah tetapi kurang baik bagi kesehatan. Nah manfaat bekatul untuk tubuh manusia ini merupakan ulasan yang menyangkut makanan kuno namun cukup baikuntuk kesehatan tubuh manusia.

Dalam proses penggilingan padi untuk menjadi beras dilakukan dengan beberapa tahap, yang pertama adalah untuk memisahkan kulit padi atau gabah dari beras. Proses ini dilakukan dua kali, setelah itu proses pemolesan. Proses pemolesan inilah untuk menghilangkan kulit ari beras sehingga menjadi putih. Simak manfaat beras, dalam proses ini akan menghasilkan bekatul yaitu lapisan begian luar atau orang kampung saya menyebutnya dedak lembut yang biasanya masih bercampur dengan seldikit menir kecil-kecil. Inilah yang disebut dengan bekatul.

Saat ini kebanyakan orang memanfaatkan bekatul tersebut hanya untuk makanan ternak mereka, padahal bekatul pun dapat diolah menjadi makanan misalnya sebagai bubur bekatul, atau bekatul kukus yang dibungkus dengan daun pisang. Hal ini mengingatkan masa kecil saya sering dibuatkan nenek bubur bekatul dan rasanya cukup nikmat hehe.. bekatul dapat dimanfaatkan sebagai makanan pengganti beras. Dalam segi kesehatan bekatul memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan manusia. Hal ini karena kandungan nutrisi bekatul yang terdapat banyak zat yang baik untuk tubuh manusia seperti  vitamin A, vitamin B1, B2, B3 (thiamin, riboflavin, niasin), B12, vitamin E,  kolin, inositol, pridoksin, biotin, asam folat, asam aminobenzoat, dan asam pantotenat. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk memenuhi asupan tubuh kita.

Berasal dari kandungan tersebut, bekatul dapat berkhasiat untuk melindungi tubuh dari penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh tentunya, nah berikut ini ulasannya.

Manfaat bekatul bagi kesehatan tubuh

Manfaat Bekatul

Mengurangi timbunan lemak

Dipercaya bahwa bekatul dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, yang menjadikan lemak tubuh akan tetap normal dan bahkan berkurang.

Mencegah kolesterol jahat

Sobat pasti banyak mendengar keluhan yang dialami oleh banyak penderita kolesterol, nah jangan sampai kita mengalami hal yang demikian itu. Oleh sebab itu, senantiasalah kita selalu menjaga kesehatan tubuh termasuk memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Ternyata bekatul yang banyak dianggap sebagai limbah saat proses pembentukan beras dapat mencegah kolesterol jahat. Hal ini karena kandungan tokotrienol yang dapat menekan pembentukan kolesterol jahat.

Baik untuk pencernaan

Kandungat serat bekatul sangat bermakna untuk sistem pencernaan dalam tubuh kita, kita tahu serat dapat memperlancar pencernaan sehingga organ terkait pun akan

menjadi lebih sehat serta mengurangi resiko gangguan pencernaan.

Sebagai makanan yang aman untuk penderita diabetes

Bagi para penderita diabetes seleksi makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan, bekatul ternyata baik menjadi konsumsi bagi para penderita diabetes.

Untuk menghindari kanker

Timbulnya kanker akibat rakdikal bebas dapat dicegah dengan antioksidan yang terkadung dalam bekatul. Misalnya vitamin E sebagai antioksidan untuk menghidari kanker kulit.

Untuk menjaga kesehatan jantung

Bekatul memiliki kandungan vitamin B15 yang mana vitamin ini dapat berkhasiat untuk menyehatkan jantung dengan mencegah kurangnya oksigen pada otot jantung.

Untuk pencegahan penyakit beri-beri

Penyakit beri-beri disebabkan oleh kekurangan vitamin B, nah

untuk memenuhi asupan vitamin B dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bekatul.

Menjaga kesehatan syaraf

Mengkonsumsi bekatul juga berdampak positif pada kesehatan syaraf, yaitu dengan memenuhi tubuh akan vitamin B1 dan B2 yang bisa didapat dari mengkonsumsi bekatul.

Menjaga sistem imun tubuh

Bekatul banyak mengandung zat penting yang diperlukan oleh tubuh termasuk kandungan zat antioksidannya, nah jika asupan nutrisi terpenuhi maka sistem imun tubuh pun akan tetap terjaga dan tubuh tentunya tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan mikroorganisme lainnya.

Nah, besar sekali bukan manfaat bekatul untuk tubuh manusia? Masakan tradisional bekatul yang paling aku suka adalah bekatul yang dikukus dan dicampur dengan ubi rambat. Jadi makanan yang dizaman sekarang ini dianggap sebagi limbah dan dipandang sebelah mata ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Yang perlu sobat perhatikan adalah memastikan kondisi bekatul apakah masih layak untuk diolah dan dikonsumsi atau tidak. Sebaiknya menggunakan bekatul yang masih segar yaitu setelah prose penggilingan, sebab bekatul sendiri tidak bisa tahan lama. Untuk mengawetkan bekatul diperlukan beberapa beberapa trik seperti memanasi dengan menyanggrai dan sebagainya.

Baca manfaat yang lain :

  1. Manfaat jagung
  2. Manfaat singkong
  3. Manfaat kedelai
  4. Manfaat terong
  5. Manfaat ketumbar

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat bekatul semoga bisa jadi bacaan yang menyenangkan serta menjadi informasi positif untuk anda semua. Salam Sehat.


Manfaat Bekatul Untuk Tubuh Manusia | Taufik Zunnurain | 4.5