Makanan Yang Terbaik Untuk Penderita Diabetes


Kita ketahui bahwa setiap penderita diabetes dianjurkan agar bisa menjaga pola makan dengan sebaik-baiknya. Namun, saking banyaknya presepsi tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes menjadikan mereka semakin takut setiap mengkonsumsi makanan apapun. Iya, memang diabetes adalah penyakit karena tingginya kadar gula dalam darah yang menjadikan komplikasi. Karena saking banyaknya pantangan bagi diabetes menjadikan penderita diabetes semakin was-was ketika hendak memakan suatu makanan. “Aduh amakn nggak ya jika saya makan yang ini dan yang itu” itu ungkin yang sering dialami oleh penderita diabetes.

Salah memiliki makanan juga akan menyebabkan meningkatnya kadar gula darah, bahkan menimbulkan gejala yang sangat mengganggu seperti pusing, gangguan syaraf , penyakit jantung, dan linglung. Nah, bagi penderita diabetes biasanya diobati dengan menekankan pola makan yang baik dan terapi nutrisi. Terapi nutrisi ini ini dimaksudkan agar memberikan asupan makanan bergizi tinggi dan menghindari makanan yang mengandung kalori yang tinggi dan lemak tinggi.

Sehingga nutrisi makanan tersebut akan membantu mengontrol kadar gula dalam batas normal. Nah dibawah ini beberapa makan yang dianjurkan untuk orang yang mengidap diabetes.

makanan-untuk-penderita-diabetes

Bayam

Selain kaya dengan zat besi, bayak juga memiliki kandungan lutein. Nah zat ini cukup bermanfaat untuk menurunkan kadar gula yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam banyam berfungsi untuk menangkal kanker. Dalam sebuah uji coba yang dilakukan pada tahun 1945 di Universitas Harvard yang menyatakan bahwa penderita diabetes lebih beresiko pada kebutaan, dan lutein digunakan untuk pengobatan mata.

Yoghurt bebas lemak

Yoghurt tanpa lemak ini yang tepat dikonsumsi oleh penderita diabetes, anda bisa mejadikan Yoghurt bebas lemak ini sebai teman saat menajalan kan aktivitas sehari-hari. Hasil penelitian yang dilakukan oleh bidang nutrisi dan epidemilogi Universitas Harvard Dr.Frank Hu menyatakan bahwa Yoghurt bebas lemak ini mampu menurunkan resiko diabetes hingga 19%. Selian itu, beliau juga mengatakan bahwa hal ini bukan berarti megkonsumsi Yoghurt bebas lemak setiap hari.

Baca juga : Cara Mencegah Diabetes Dengan Cara Ini

Minyak Zaitun

Kelebihan LDL akan meningkatkan berat badan dan kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko diabetes. Nah kandungan lemak tak januh yang ditemukan dalam minyak zaitun akan membantu menurunkan loppoprotein.

Buah Acai Berry

Semakin gelap warna buah semakin tinggi pula kandungan antioksidannya, beberpa jenis buah berry ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Buah beri yang bisa anda konsumsi untuk pengidap diabetes adalah Acai Berry.

Bawang Putih

Bawang putih erat kaitannya dengan bumbu dapur, jadi bawang putih bukanlah hal yang aneh lagi. Bawang putih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, pasal nya dalam bawang putih memiliki kandungan kolesterol jahat yang rendah. Sebaliknya kandungan yang menguntungkan untuk diabetes diantaranya vitamin A, vitamin B1 dan protein akan membantu menurunkan kadar gula yang tinggi.

Beras merah

Berat merah sudah dikenal dengan baik oleh penderita diabetes, beram merah ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti beras putih yang notabenenya kaya akan kandungan karbohidrat. Perlu anda ketahui kenapa beras merah baik untuk diabetes, yaitu perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 8 banding 1. Serat alami akan memabantu penyerapan zat gula.

Baca : Biangnya Kolesterol Jahat

Oatmeal

Makan selanjutnya untuk penderita diabetes adalah oatmeal, namun bila anda mengkonsumsi oatmel jangan ditambahkan gula. Seorang ahli dari American Diabetic Association bernama Marisa More mengatakan bahwa mengkonsumsi oatmel tanpa gula memiliki kandungan serat tinggi.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayur yang sudah dikenal baik akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh termasuk untuk diabetes. Dari studi yang dilakukan oleh Warwick University yang ditulis dalam jurnal Diabetes menyatakan bahwa brokoli dapat melindungi dinding pembuluh darah, hal ini dikarenakan brokoli mengandung sulforaphane. Sulforaphane ini juga berperan dalam mengendalikan kadar glukosa, meningkatkan produksi enzim, mengendalikan zat kimia pemicu kanker dan membantu proses detoksifikasi.

Ikan

Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu kandungan omega-3 juga tidak diragukan lagi. Omega-3 ini berfungsi untuk mengurangi resiko inflamasi. Jika dalam darah terdapat asam lemak omega-3 tinggi akan memliki resiko inflamasi lebih rendah. Agar ikan tetap aman untuk kesehatan maka hindari memasak ikan dengan cara digoreng.

Ubi Jalar

Ternyata hasil studi membuktikan bahwa ubi jalar mampu menurunkan HbA1c sebanyak 0,3% hingga 0,57% dan sebaliknya membantu mempercepat proses glukosa sebesar 10 sampai dengan 15 poin. Kandungan antosianin dalam ubi jalar sebagai antioksidan yang dapat mengurangi resiko inflamasi anti mikroba.

Kunyit

Kunyit dari zaman dulu telah dipercaya khasiatnya sebagai obat tradisional. Bahkan di India kunyit dijadikan sebagai obat diet tradisional yang dicampur dengan nasi putih dan roti. Kandungan curcumin berperan untuk meningkatkan fungsi pancreas dan ginjal, dan fungsi lainnya untuk meredakan peradangan dan mencegah nekrosis tumor yang berimbas pada timbulnya kanker.

Baca : Nggak mau makan tempe sayang sekali Ini Alasannya.

Buah-buahan citrus

Buah citrus merupakan sumber serat dan vitamin C, serta kandungan gula alami fruktosa yang memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk penderita diabetes, bahkan dapat menurunkan kadar gula darah tinggi.

Tomat

Mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi resiko penggumpalan darah pada pasien diabetes. Penggumpalan darah bisa mengakibatkan hal yang fatal seperti jantung dan stroke. Disamping itu tomat merupakan buah yang mengandung gizi tinggi seperti vitamin C, vitamin E, antioksidan dan zat besi.

Itulah beberapa makanan yang Insya Allah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun beberapa makanan tersebut dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh, tapi bukan berarti anda harus makan berlebihan.


Makanan Yang Terbaik Untuk Penderita Diabetes | Taufik Zunnurain | 4.5