Daftar Makanan Pencegah Diabetes


Makanan Pencegah Diabetes – Penyakit diabetes jangan dianggap sepele, karena ternyata diabetes juga penyebab kematian terbesar. Anehnya setiap tahu penderita diabetes semakin meningkat. Mungkin ini adalah pertanda kurang sadarnya masyarakat dengan kesehatan. Sehingga pengidap diabetes semakin bertambah.  Diabates masuk dalam salah satu penyakit kronis yang harus mendapat pertolongan secara intensif dan efektif. Pencegahan mungkin yang terbaik untuk menghidari penyakit gula darah ini, dan pengobatan menjadi pilihan yang mengharusnya untuk setiap pengidap diabetes.

Jalan terbaik untuk penderita diabetes adalah mengontrolnya agar diabetes tidak semakin buruk, tidak menyebabkan komplikasi kesehatan dan tetap bisa terkendali. Seorang ahli menyatakan bahwa diabetes yang tidak terkontrol dapat menimbulkan kekhawatiran kerugian kesehatan yang besar dalam jangka panjang, ini dikarenakan diabetes tidak terkendali dalam waktu yang lama. Bahkan diabetes dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti halnya gangguan ginjal, stroke dan jantung.

Karena diabetes ini masuk dalam kategori penyakit etologi multifactorial sehingga membutuhkan perawatan secara intensif, terutama merubah gaya hidup, konsumsi obat (baik herbal maupun modern), menjaga pola makan dan olahraga rutin. Hal yang terbaik adalah mengetahui resiko dan fokus pada pola makan. Memang diabetes sulit untuk disembuhkan namun setidaknya tetap terkontrol dan tidak menjadi buruk, ini adalah resiko diabetes yang bisa berkembang.

Untuk gejala diabetes sendiri bisa diidentifikasi dengan timbulnya beberapa hal pada tubuh seperti mudah haus, mudah lapar, meningkatnya nafsu makan. Diabetes tipe 1 biasanya karena faktor genetik, sementara diabetes tipe 2 disebabkan karena gaya hidup tidak sehat. Yang bisa menjadi fokus kita saat ini adalah melakukan pencegahan, meskipun anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit diabetes sehingga resikonya lebih besar.  Menjaga pola makan dan menjaga berat badan tetap seimbang.

Cukupi asupan serat harian anda, sebab serat akan menghambat penyerapan zat gula dalam usus. Sumber serat alami bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Dan memilih makanan dan minuman lebih sehat dan melakukan olah fisik secara teratur. Selektif terhadap makanan sangat penting untuk pencegahan diabetes dan pengendaliannya. Nah berikut ini beberapa makanan pencegah diabetes.

Konsumsi Makanan Ini Untuk Mencegah Diabetes

makanan-pencegah-diabetes

Bayam

Mengkonsumi bayam dapat membantu mencegah diabetes, hal ini berdasarkan pada hasil sebuah penelitian, dimana menujukkan bahwa terjadi penurunan resiko diabetes hingga 14 terhadap mereka yang mengkonsumsi bayam satu porsi setiap hari, ini lebih tinggi dari pada mereka yang mengkonsumsi bayam setengah porsi. Kandungan vitamin K dan mineral seperti folat, forform magnesium dan seng serta kaya dengan senyawa flavonoid, lutein dan zeaxanthin membantu mencegah diabetes.

Baca : Manfaat Bayam

Nasi Merah

Nasi merah dapat digunakan sebagai sebagai pengganti dari pada nasi putih, hal ini dikarenakan nasi putih kaya dengan glukosa yang dapat memicu naiknya kadar gula darah. Bagi penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi nasi merah untuk menggantikan nasi putih. Mengkonsumsi nasi merah membantu mengurangi resiko diabetes hingga 15%.

Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang dikenal baik oleh banyak orang. Ternyata khasiat asparagus membantu meningkatkan produksi insulin dan membantu mengendalikan gula darah. Asparagus sangat efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Kurma

Kurma memang rasanya sangat manis, tetapi dapat membantu mengendalikan gula darah, pasalnya kurma mengandung gula dengan indeks glikemik yang rendah. Sebaliknya kurma mengandung serat yang tinggi sehingga menghambat penyerapan gula dalam tubuh. (baca : Manfaat kurma)

Kacang

Mengkonsumsi kacang dapat membantu mencegah diabetes terutama kacang dengan kandungan glikemik yang rendah. Kacang ini juga merupakan sumber kalori tubuh dan memiliki kandungan serat yang tinggi membantu mengendalikan gula darah dan mencegah kolesterol.

Buah Aple

Buah apel kaya dengan nutrisi penting untuk tubuh seperti halnya buah lainnya, apel memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi buah apel dapat membantu mengurangi resiko diabetes terutama diabetes tipe 2 hingga 27 persen.

Baca : Manfaat buah apel

Yogurt

Yogurt sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes, pasalnya yogurt ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Hal ini sangat menguntungkan jika anda ingin memiliki berat badan ideal. Yogurt juga bisa menjadi menu pilihan untuk program diet.

Brokoli

Dalam sebuah jurnal “Diabetes” yang merupakan hasil setudi oleh Warwick University, menyatakan bahwa brokoli mengandung senyawa suforaphane, senyawa ini bermanfaat untuk memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah yang beresiko rusak karena diabetes.

Ubi jalar

Siapa yang tak kenal dengan ubi jalar, saya sakin semua pasti tahu dengan ubi jalar ini. Berdasarkan penelitian, ubi jalar memiliki kandungan HbA1c 0.3 sampai dengan 0.57, senyawa ini memberikan stimulasi pada proses gulkosa hingga 10 – 15 poin. Kandungan lainnya seperti antosianin adalah pigmen alami yang memberikan warna orange gelap. Senyawa ini merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah inflamasi, sebagai inti viral dan anti mikroba. Ubi jalar memiliki kandungan glikemik rendah di banding kentang, sehingga pilih ubi jalar sebagai cemilan kentang yang kaya dengan karbohidrat.

Read : Manfaat Ubi Jalar

Buah tomat

Khasiat dan manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak ada keraguan lagi. Hasil sebuah penelitian yang lakukan di Australia menunjukkan bahwa makan jus tomat setiap hari mampu mengurangi resiko penggumpalan darah yang sering dialami oleh penderita diabetes. Sehingga bukan hanya mencegah diabetes, tomat juga berkhasiat mencegah penyakit stroke, jantung dan penyakit kronis lainnya. Tomat kaya dengan vitamin terutama vitamin C dan E sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari kanker.

Baca : Manfaat Tomat

Kacang Polong

Rutin mengonsumsi kacang polong ternyata bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan termasuk mencegah diabetes. Selain itu kacang polong juga mampu mencegah kolesterol dan penyakit jantung.

Berries

Diet diabetes bagi penderita diabetes wajib menghindari makanan yang mengandung gula tinggi tentunya dengan indeks glikemik yang tinggi pula. Berbeda dengan berries yang cukup aman bahwan membantu mencegah penyakit ini karena memiliki kandungan gula dengan indeks glikemik rendah.

Oatmeal (cereal oat)

Setiap penderita diabetes harus pandai memilih memilih makanan, dimana makan dan minuman yang masuk dalam tubuh aman untuk diabetes. Utamanya jangan lebih selektif dalam pemilihan makanan termasuk memperhatikan sumber karbohidrat. Penderita diabetes dapat mengambil gandum utuh seperti oatmeal yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat larut. Kandungan magnesium dalam oarmeal membantu mensekresi insulin dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil penelirian yang dilakukan selama 8 tahun yang menunjukkan pengurangan resiko diabetes hingga 31 persen mengkonsumsi gandum utuh. Selain itu oatmeal juga memabantu mencegah komlikasi diabetes seperti jantung dan lainnya.

Kenari

Sesuai dengan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa secara teratur mengkonsumsi kenari seminggu dua kali mampu mengurangi diabetes tipe 2.

Itulah daftar makanan pencegah diabetes yang bisa anda konsumsi setiap saat agar tubuh anda sehat dan kuat serta terhindar dari penyakit diabetes.


Daftar Makanan Pencegah Diabetes | Taufik Zunnurain | 4.5