Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh - Nyusandalan.com

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Khasiat Singkong, – Singkong atau dalam bahasa Indonesianya disebut ketela pohon atau nama latinnya Manihot utilissima adalah merupakan pohon tropika atau subtropika tahunan. Menurut cerita Alm. Buyut saya bahwa singkong pada jaman dahulu yaitu jaman penjajahan Belanda dan Inggris singkong dijadikan sebagai makanan pokok (utama) dicampur dengan meniran jagung yang disebut dengan nasi tiwul. Pada zaman penjajahan tempo dulu masih jarang orang-orang desa makan nasi beras kecuali sehabis panen katanya. Semua bagian dari tanaman singkong ini banyak dimanfaatkan mulai dari ubinya, batangnya hingga daunnya.

Umumnya pohon singkong memiliki cabang namun sedikit, ketinggian pohon bisa mencapai 7 meter, akar merupakan akar tunggang dan bercabang yang bisa membesar membentuk ubi akar, nah bagian inilah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Bentuk ubinya bulat lonjong ujung kecil membentuk akar tunggal, warna luar ubi merah tua, lapisan dalam kulit berwarna ungu, tapi bagian daging ubi warnanya putih namun ada juga yang berwarna kuning.

Advertisement

Ubi singkong terdapat garis tengah yang panjangnya 50 sampai 80 meter. Ubi singkong yang basah tidak bisa bertahan lama meskipun disimpan dalam lemari es, namun biasanya untuk mengawetkannya ubi harus di kupas dan dibelah jadi dua atau tiga kemudian dijemur hingga kering disebut dengan gaplek. Ubi singkong kaya akan karbohidrat tetapi sedikit mengandung protein, bahkan kandungan protein banyak terdapat pada daun singkong, dan banyak mengandung asam amino metionina.

Penyebaran tanaman singkong jenis manihot esculenta disinyalir berasa dari Amerika bagian selatan kemudian banyak dibudidayakan dan dikembangkan di Paraguay dan Brazil pada saat zaman prasejarah. Sehingga banyak jenis spesies baru dari budidaya singkong ini tumbuh liar di Brazil Selatan. Pada zaman sekarang ini singkong sudah menyebar di belahan dunia, dan diolah menjadi makanan yang siap saji baik untuk makanan kalangan bawah maupun kalangan atas. Menurut informasi produksi singkong dunia pada tahun 2002 mencapai 184.000.000 ton, dimana pemasok terbesar ini dari Afrika 99.1000.000 ton dan Amerika Latin sebesar 33.2000.000 ton.

Tanaman singkong mulai tumbuh di bumi Nusantara ini sejak abad ke 16 oleh kolonial Portugis jenis singkong ini berasal dari Brazil, kemudian dibawa ke Indonesia lagi oleh Kolonial Hindia Belanda perkiraan tahun 1810. Pemanfaatan ubi singkong banyak digunakan untuk beragam jenis masakan dan sebagai pelengkap masakan. Tepung tapioka dari singkong dapat digunakan sebagai pengganti tepung gandum dan banyak digunakan sebagai bahan baku aneka jenis kuliner.

Hampir semua bagian dari tumbuhan singkong ini bisa dimanfaatkan, baik dari daunnya, batangnya apalagi ubinya yang terkenal sebagai bahan masakan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa kandungan dan manfaat dari tanaman singkong ini.

Kandungan gizi daun singkong dan manfaatnya

Umumnya daun singkong digunakan sebagai sayuran untuk dimakan, ada orang yang suka sekali dengan sayur daun singkong, namun ada pula yang kurang begitu doyan memakannya, mungkin karena  rasa dari daunnya yang pahit. Namun disisi lain daun singkong banyak menyimpan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita, ini beberapa nutrisi yang ada dalam kandungan daun singkong : protein, kalori, kalsium, lemak, fosfor, zat besi, dan hidrat arang. Nah, dari kandungan itu tentunya memiliki manfaat untuk melawan penyakit, ingin tahu apa saja jenis penyakit yang dapat diatasi dengan daun singkong, simak lebih lanjut di bawah ini:

manfaat-khasiat-singkong-kesehatan

Manfaat Herbal daun singkong :

  • Untuk mengatasi rematik
    Khasiat daun singkong salah satunya adalah untuk mengobati sakit rematik.
    Caranya : haluskan 5 lembar daun singkong, dengan 15 gr jahe merah tambahkan sedikit kapur sirih dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian olehkan pada bagian tubuh yang sakit.
  • Untuk mengatasi diare
    Khasiat daun singkong yang lain adalah untuk mengatasi diare.
    Caranya : Rebuslah daun singkong secukupnya dengan air kurang lebih 1 liter,  tiriskan airnya hingga tersisa separoh, kemudian saring airnya dan minum pagi dan malam.
  • Untuk mengatasi sakit kepala
    Khasiat daun singkong yang lain adalah untuk meringankan sakit kepada.
    Caranya : tumbuklah beberapa lembar daun singkong yang masih segar hingga halus, kemudian kompreskan tumbukan tersebut yang sudah halus di bagian kepala yang sakit.

Kandungan nutrisi ubi singkong

Ubi singkong adalah bagian dari tanaman ini yang banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk dimakan dan diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan. Kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk suplai gizi tubuh pada setiap 100 gr singkong antara lain : Mengandung air = 62,50 gram, Kalori = 121 kal, Karbohidrat = 34,00 gram, Fosfor = 40,00 gram, Kalsium = 33,00 miligram, Lemak = 0,30 gram, Besi = 0,70 miligram, Vitamin B1 = 0,01 miligram, Vitamin C = 30,00 miligram, Protein = 1,20 gram. Manfaat utama dari ubi singkong adalah sebagai sumber energi.

Manfaat batang singkong

  • Batang singkong digunakan untuk perkembangbiakan melalui stek batang.
  • Batang yang sudah kering digunakan sebagai kayu bakar.

Itulah sedikit ulasan mengenai penyebaran, kandungan dan manfaat tanaman singkong untuk kesehatan manusia.


Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh | Taufik Zunnurain | 4.5