Manfaat dan Kandungan Gizi Jambu Biji - Nyusandalan.com

Manfaat dan Kandungan Gizi Jambu Biji


Buah jambu biji atau dikenal dengan jambu klutuk memang sekarang ini sudah tidak begitu digemari seperti masa kecil saya dulu. Hal ini saya perhatikan dikampung saya hampir semua rumah memiliki pohon jambu biji ini, Namun buahnya banyak yang matang dan rontok dan tidak ada yang memungutnya.

Ketertarikan dengan rasa jambu biji ini sudah berkurang, apa memang anak-anak dan orang-orang sekarang sudah terlalu sering makan yang enak-enak kali ya sehingga rasa buah jambu biji kurang diminati saat ini hehe :).  Saat ini berbeda sekali dengan masa kecil saya, kalau dulu buah jambu hampir yang matang dan jatuh dari pohon jarang sekali dijumpai, karena saat itu buah jambu biji masih menjadi primadona bagi banyak orang termasuk anak-anak.

Padahal jambu biji ini kan rasanya enak dan harganya pun tidak perlu ngerogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkannya. Buah jambu biji akan lebih nikmat jika dikonsumsi langsung dalam kondisi tidak terlalu masak, sebab jambu yang terlalu masak dagingnya sudah agak lembek. Rasa jambu yang tidak terlalu masak tersebut rasa dagingya sekali renyah mirip dengan buah yang lain sepert buah pir dan melon. Jika sobat kurang menyukai makan buah jambu biji secara langsung anda dapat mengeluarkan energi sedikit untuk menjadikan jambu biji ini menjadi nikmat yaitu anda bisa membuat jus jambu.

Selain kenikmatan dari jambu biji ini, ternyata jambu biji juga memiliki kandungan nutrisi yang amat berguna bagi tubuh kita, terutama kandungan vitamin C nya. Terlebih dari itu buah, daun, tunas dari jambu biji ini bermanfaat pula untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Kandungan gizi jambu biji tidak kalah dengan buah yang lain, sehingga perlu juga kita taroh perhatian kita untuk jambu biji ini.

Kandungan gizi jambu biji atau jambu klutuk:

Bebarapa kandungan gizi pada seratus gram jambi biji antara lain : Karbohidrat sebesar 12.2 gram, energy sebesar 49 kkal, besi sebesar 1 miligram, lemak sebesar 0.3 gram, protein nabati sebesar 0.9 gram, fosfor sebesar 28 miligram, kalsium sebesar 14 miligram, serat sebesar 5.6 gram, air sebesar 86 gram, vit. A sebesar 25 IU, vitamin B komplek 0.02 miligram, dan vit C nya sebesar 87 miligram.

Kandungan yang luar biasa di atas dari jambu biji ini akan memberikan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Jambu Biji atau Jambu Klutuk Serta Khasiat dan Manfaatnya

Manfaat dan khasiat buah jambu biji atau jambu klutuk bagi kesehatan:

  • Untuk melancarkan perncernaan, buah dan daun jambu biji ini dari dulu dipercaya untuk mengobati penyakit diare.
  • Mencegah berbagai jenis penyakit kanker, jambu biji mengadung zat antioksidan yang bermanfaat untuk menghambat senyawa yang memicu penyakit kanker.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, jambu kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terkena flu, pilek dan radang tenggorokan.
  • Mencegah penyakit jantung, senyawa kalium dalam jambu biji ini akan mengatur frekuensi detak jatung, sehingga jatung berdetak secara normal. Asam korbigen, elagat, linoleat dan serat akan mengikat lemak yang mengakibatkan plak pada jantung.
  • Menurunkan tensi darah, berkat dari senyawa kalium yang mengikat lemak akan membantu menurunkan tensi darah.
  • Mengobati Demam berdarah, jus jambu biji ini berkhasiat untuk menaikan trombosit pada penderita demam berdarah.

Itulah manfaat dan kandungan buah jambu biji atau jambu klutuk untuk kesehatan tubuh. Kandungan kimianya begitu banyak bermanfaat untuk tubuh dan sangat berguna pula untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Mulai saat ini, rutinkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji ini baik secara langsung mapun dibuat jus jambu akan terasa lebih nikmat. Alhamdulilla semoga bermanfaat.


Manfaat dan Kandungan Gizi Jambu Biji | Taufik Zunnurain | 4.5