Cara Mencegah Kolesterol Jahat (LDL) Dengan Mudah Dan Alami


Cara Mencegah Kolesterol – Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol dalam darah sangat tinggi. Penderita kolesterol kebanyakan baru mengetahui setelah melakukan pemeriksaan. Nah, apa yang harus anda lakukan jika kolesterol anda sudah terlalu tinggi. Yang harus anda lakukan adalah pengobatan. Nah, alangkah baiknya jika dilakukan pencegahan kolesterol mulai dini sebelum basah kuyup ibaratnya. Kurang menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, jarang olahraga atau lebih mudahnya gaya hidup yang kurang sehat menjedi penyebab utama penyakit yang satu ini. Di Indonesia penderita penyakit kolesterol semakin meningkat dari tahun ke tahun, ini artinya adalah masyarakat kita mungkin termasuk kita kurang perhatian dengan kesehatan. Padahal sehat adalah harta yang tak ternilai.

Yang perlu kita waspadai adalah bahwasannya kolesterol merupakan konsktributor yang besar terhadap jantung koroner, tak menutup kemungkinan bahwa orang yang mengidap penyakit jantung asal mulanya mereka menderita kolesterol. Nah, jika anda ingin jauh dari penyakit ini, maka silahkan cegah kolesterol dengan cara berikut ini.

Jangat terlalu berlebihan berat badan anda

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi sumber segala penyakit termasuk kolesterol, malas olahraga menjadikan berat badan anda terus meningkat, apalagi disokong dengan makanan yang memicu berat badan alias tinggi kalori. Menurunkan berat badan bukanlah usaha yang enteng, anda harus melakukan kegiatan ekstra untuk menjadikan tubuh anda ideal. Turunnya berat badan juga sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol.

Untuk menjaga berat badan anda harus memperhatikan pola makan anda, hindari makanan berkalori tinggi, jangan makan jika hendak tidur, kurangi ngemil, perbanyak makan sayur dan buah dan olahraga teratur. Itu memang berat, namun bila anda bisa menjalankannya dengan baik dan rutin Insya Allah berat badan anda akan berkurang. Selanjutnya adalah:

Menyeleksi makanan yang anda makan

Biji-bijian

Beberapa makanan biji-bijian sangat apik untuk kesehatan jantung, semisal beras merah dan gandum sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk jantung karena jenis makanan seperti itu memiliki nilai gizi yang tinggi.

Simak : Manfaat biji bunga matahari

Buah dan sayur

Sudah tidak asing lagi bahwa kandungan buah dan sayur sudah terbukti dimana kaya dengan berbagai vitamin, serat, mineral, zat besi dan lain sebagainya. Kandungan serat dalam buah dan sayur membuat seseorang terasa lebih kenyang lebih lama sehingga bisa menunda atau mengurangi rasa ingin ngemil.

Baca jenis buah dan sayur kaya serat :

Jambu biji

Pepaya

Pisang

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Makanan mengandung lemak jenuh seperti daging, susu sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol jahat. So, anda dapat menghindari jenis makanan tersebut dan beralih ke makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti kacang, minyak zaitun, dan jenis susu rendah lemak januh.

Mencukup vitamin B3    

Vitamin B3 atau disebut dengan niasin membantu memperoduksi HDL, yang akan menyeimbangkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Mendapatkan vitamin B3 yang terbaik adalah dari buah dan sayur, jika kondisi sudah kekurangan maka bisa dibantu dengan mengkonsumsi pil vitamin B3.

Kapsul Omega-3 (minyak ikan)

Minyak ikan biasanya diberikan pada anak-anak karena kandungan omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak. Omega-3 juga memiliki perang yang cukup penting yakni membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca : Manfaat madu

Olahraga

Olahraga untuk mencegah kolesterol

Olahraga adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup sehat. Dengan rutin berolahraga bukan berat badan anda yang akan turun, tetapi diikuti juga dengan merosotnya kadar LDL atau kolesterol jahat. Sebaliknya dengan rajin olahraga akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Olahraga setidaknya 45 sampai 50 menit dalam seminggu sangat efektif menurunkan berat badan. Anda tidak perlu olahraga yang terlalu berat seperti angkat besi, dan tak perlu mahal, cukup dengan jogging, jalan sehat (jalan cepat), aerobik, bersepeda, renang, dan lain sebagainya sudah dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol jahat.

Baca :

Manfaat olahraga lari (jogging)

Manfaat jalan kaki

Manfaat renang

Manfaat senam aerobik

Periksa ke dokter

Monitor kadar kolesterol sangat penting, hal ini untuk mengetahui seberapa besar kadar kolesterol jahat anda (LDL). Saat ini sangat mudah untuk periksa kolesterol karena hampir setiap dokter praktek atau bidan praktek melayani jasa seperto cek kolesterol, cek gula darah dan cek asam urat.

Dengan melakukan beberapa cara diatas mudah-mudahan sangat membantu menjaga anda dari serangan kolesterol yang kian lama semakin merajalela. Lakukan sekarang dan jangan ditunda lagi sebelum semuanya terlambat. Memiliki tubuh sehat adalah adalah dambaan sektiap orang dan pastinya akan menjadika aktivitas anda lancar terutama untuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekian semoga bermanfaat.


Cara Mencegah Kolesterol Jahat (LDL) Dengan Mudah Dan Alami | Taufik Zunnurain | 4.5