Apa Sih Manfaat Vitamin B Kompleks (B1 – B12)? - Nyusandalan.com

Apa Sih Manfaat Vitamin B Kompleks (B1 – B12)?

Hello, setelah membahas betapa pentingnya fungsi dan manfaat vitamin A, nah kini saatnya admin memberikan uraian tentang manfaat vitamin B komples. Sebagaimana saya utarakan pada posting sebelumnya bahwa vitamin adalah nutrisi tubuh yang penting dan harus dipenuhi demi terjaganya kesehatan tubuh dan juga tentu saja agar terhindar dari beragam jenis penyakit. Jenis-jenis vitamin dikelompokkan ke dalam 6 jenis vitamin diantaranya vit A, vit B, vit C, Vit D, Vit E dan Vit K. Kesemua vitamin itu memiliki manfaat dan peran masing-masing sebagaimana yang telah dijabarkan sebelumnya tentang manfaat vitamin A. Namun dalam pembahasan kali ini ingin mengulas tentang manfaat vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks terdiri dari sub tipe vitamin antara lain : vit. B1/tiamin, vit. B2/riboflavin, vit. B3/niasin, vit. B5/Pantothenic acid , vit. B6/pyridoxine, vit. B7/biotin, vit. B9/asam folat, vit. B12/cobalamin. Jadi vitamin B1 – B12 disebut dengan vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin B kompleks masih termasuk dalam vitamin yang larut dalam air. Semua sub tipe vitamin B kompleks tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing didalam tubuh misalnya vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) berfungsi dalam pembentukan energi, vitamin B6 berperan untuk sistem metabolisme, B12 (cobalamin) berperan dalam pembentukan sel darah merah dan masih banyak lagi manfaat besar lainnya yang dapat anda simak dibawah ini.

Advertisement

Manfaat Vitamin B Kompleks (B1 – B12)

  • Manfaat vitamin B1 / Tiamin dan akibat kekurangannya
    Manfaat vitamin B1 (tiamin) yaitu membantu melancarkan sistem syaraf dan mengkonversi glukosa menjadi energi. Sumber vitamin B1 (tiamin) ini didapat dari makanan dan minuman seperti nasi, kacang, gandum, sereal dan ikan laut. Jika tubuh kekurangan vitamin B1 (tiamin) akan ditandai dengan kondisi badan terasa lelah, lesu, letih, terganggunya sistem syaraf sehingga merasa bingung dan mudah naik darah.
  • Manfaat Vitamin B2 / Riboflafin dan akibat kekurangannya
    Manfaat vitamin B2 (riboflavin) antara lain menyehatkan kulit, mata dan proses metabolism energi. Sumber vitamin B2 (riboflavin) banyak terdapat pada gandum, keju, susu sayur, telur,  dan daging. Kekurangan vitamin B2 ini dapat menyebabkan kulit kering dan kasar, lidah dan bibir pecah-pecah, kornea mata memerah dan timbul rasa tidak tenang.
  • Manfaat vitamin B3 / Niasin dan akibat kekurangannya
    Jenis vitamin B kompleks ini berguna dalam pembentukan engergi dengan merubah lemak dan karbohidrat.  Selain itu bermanfaat membantu sistem pencernaan, dapat menghaluskan kulit, membantu kinerja sistem syaraf. Manfaat vitamin ini cukup besar tetapi tidak disarankan mengkonsumsi dalam jumlah begitu banyak. Jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B3 dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Makanan dan minuman yang mengandung vitamin B3 ini diantaranya kacang-kacangan, susu, telur, dan daging unggas. Jika kekurangan asupan vitamin B3 (niasin) dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu seperti diare dan dermatitis, gampang marah, bingung dan hilangnya nafsu makan.
  • Manfaat Vitamin B5 / Pantothnic acid dan akibat kekurangannya
    Manfaat dari vitamin ini adalah membantu pembentukan sel darah merah dan sistem metabolism seperti karbohidrat dan lemak. Jenis makanan dan minuman yang mengandung vitamin B5 ini antara lain susu, daging, telur, kacang, buah semangka dan ditemukan juga pada ragi. Kurang mengkonsumsi vitamin B5 dapat menyebabkan tubuh terasa lelah, timbul rasa mual ingin muntah dan nafsu makan menurun.manfaat-vitamin-b-kompleks
  • Manfaat Vitamin B6 / pyridoxine dan akibat kekurangannya
    Manfaat vitamin B6 yaitu dapat meningkatkan kerja otak, membantu pembentukan sel darah merah dan membantu sistem metabolism karbohidrat dan protein. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B6 berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan pada syarat. Sumber vitamin B5 dapat berasal dari kandungan gizi sayur-sayuran, ikan, daging sapi dan unggas. Kekurangan B6 dapat menyebabkan kurang darah, insomnia, gampang emosi dan linu pada sendi.
  • Manfaat Vitamin B7 / biotin dan akibat kekurangannya
    Vitamin B7 / biotin bermanfaat untuk sistem metabolism dalam tubuh. Sumber vitamin B7 bisa diperoleh dalam kandungan gizi pada kacang, kuning telur, buah pisang, jamur dan ragi. Dampak kekurangan vitamin B7 adalah nafsu makan menurun, letih, lesu, kulit kusam dan kering,
  • Manfaat Vitamin B9 / asam folat dan akibat kekurangannya
    Manfaatnya adalah untuk meningkatkan sistem kerja syaraf, berperan dalam pembentukan sel darah merah, membantu pembentukan sel-sel pada janin dan bayi. Sumber vitamin ini dapat ditemukan pada kacang polong, telur dan sereal. Jika kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan kurang darah, terasa lelah, berat badan menurun dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf janin.
  • Manfaat Vitamin B12/cobalamin dan akibat kekurangannya
    Manfaatnya yaitu untuk membantu pembentukan sel mielin sel tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel syaraf, reproduksi sel darah merah, merubah asam amino dan asam lemak menjadi energI. Sumber vitamin ini dapat ditemukan pada susu, telur, daging rumput laut dan kacang kedelai. Dampak dari kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan rasa lelah, letih, lesu, nafsu makan menurun, depresi dan berat badan menurun.

Nah, sekarang anda sudah sedikit mengetahui apa saja manfaat vitamin B kompleks yaitu dari vitamin B1 hingga vitamin B12 serta tahu pula dampak yang diakibatkan jika tubuh anda kekurangan asupan vitamin B kompleks. Cukupi kebutuhan akan vitamin ini untuk menjaga agar tubuh anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.


Apa Sih Manfaat Vitamin B Kompleks (B1 – B12)? | Taufik Zunnurain | 4.5